SISWA SMP JUARA PEKANBARU, ASYIKNYA PRAKTIK SAINS

SISWA SMP JUARA PEKANBARU, ASYIKNYA PRAKTIK SAINSPEKANBARU. Seperti biasa Jum’at pagi jadwal KBM sains dikelas 8 Cordova, tema pembelajaran pekan ini adalah “Sistem Eksresi pada Manusia”. Dipertemuan sebelumnya anak-anak sudah mempelajari apa saja organ eksresi pada manusia dengan bantuan torso organ dalam manusia, selain mengetahui apa-apa saja organ eksresi yang ada pada tubuh manusia belajar dengan torso membantu anak-anak melihat langsung letak atau posisi organ dalam kita yang hampir keliru selama ini. Contohnya hati yang selama ini dianggap berada didalam rongga dada, setelah melihat torso baru kelihatan bahwa hati itu terletak didalam rongga perut tepatnya dibawah diafragma.

Hari ini, Jumat (11/03) anak-anak kelas 8 Cordova membawa gelas, pipet, kapur dan cermin sebagai perlengkapan praktikum. Praktikum hari ini ialah “Menguji Udara Hasil Pernapasan”.
Pertama mereka membuat larutan kapur setelah itu meniupnya dengan bantuan pipet dan mengamati perubahan yang terjadi pada larutan. Percobaan kedua yaitu menghembuskan nafas di depan cermin dan mengamati perubahan yang terjadi pada cermin. Setelah melakukan percobaan anak-anak langsung merangkum dan menyimpulkan hasil percobaannya dalam bentuk laporan praktikum.

“Belajar dengan mempraktikkan dan melihat langsung itu membuat saya lebih termotivasi lagi untuk lebih serius dalam belajar,” tutur Aisyah, siswi kelas 8 Cordova.***

Newsroom/Syahrul
Pekanbaru

Tags :
Konfirmasi Donasi