SMK PETERNAKAN JUARA MTT WARNAI HARI DENGAN REKREASI

SUBANG. RekSMK PETERNAKAN JUARA MTT WARNAI HARI DENGAN REKREASIreasi merupakan suatu kebutuhan bagi manusia yang tidak dapat diabaikan. Produktivitas pun cenderung akan meningkat ketika stressor mengurang melalui kegiatan rekreasi. Rekreasi pun dibutuhkan oleh para siswa, disamping tugas utamanya yakni belajar. Dengan rekreasi akan dapat memperbaharui semangat belajar para siswa, dan harapannya para siswa menjadi lebih giat dalam belajar dan menggali potensi dirinya.

Seperti yang dilaksanakan pada hari Senin (14/03) lalu, siswa kelas X SMK Peternakan Juara MTT mengadakan kegiatan kelas dengan merasakan suasana alam di luar sekolah, dengan tema “Develop Cooperation with Love”. Agenda kelas yang dilaksanakan di wahana air Cigayonggong Kasomalang, Desa Kasomalang Wetan, Jalan Cagak Subang, Jawa Barat ini bertujuan untuk membangun kerja sama antar siswa, terutama dalam hal kebaikan. Kerja sama dan Leadership diberikan bagi para siswa sebagai materi dalam agenda ini.

Berbagai games edukatif pun dimainkan oleh para siswa dengan antusias. Beberapa games tersebut diantaranya : game jaring laba-laba, game tepuk tangan, game perahu karam, game goal setting, game visi kemauan dan game komunikasi. Semua siswa mengikuti materi dan game dengan antusias. Kekompakkan mereka pun terlihat dalam aktivitas game.

Misalnya dalam game perahu karam yang dipandu oleh Pak Edi Mardiana, para siswa mencari cara untuk saling menjaga sesama anggota agar tidak tenggelam. Dalam game tepuk tangan, para siswa belajar untuk mengutamakan kejujuran dengan cara mengaku salah tepuk atau mengadukan bila ada teman yang salah bertepuk tangan. Game ini mengajarkan siswa untuk amal ma’ruf nahi mungkar. Berbeda dengan ketiga game sebelumnya, tiga game selanjutnya yang dipandu oleh Pak Kodar Udoyono, membangun jiwa pemimpin dalam diri para siswa.

Seperti pada game goal setting dan visi kemauan, setiap siswa belajar untuk membuat target yang akan dicapai dalam hidup, karena seorang pemimpin yang hebat harus memiliki tujuan akhir yang jelas yang nantinya akan ia capai.

Kepemimpinan mereka pun di lengkapi dengan simulasi game komunikasi, dimana masing-masing perwakilan kelompok belajar memberikan pidato singkat yang jelas maksudnya. Setelah materi dan game selesai, hadiah pun dibagikan bagi para juara ditiap-tiap game.

“Agenda ini diakhiri dengan bermain perahu bebek dan berenang. Diharapkan setelah dengan diadakannya agenda kelas ini dapat meningkatkan kerja sama siswa dan mempererat tali kekeluargaan bagi kelas X angkatan ketiga Juara ini,” ungkap Nur Shyfa, Project Monev RZ.***

Newsroom/Nur Shyfa
Subang

Tags :
Konfirmasi Donasi