SMP JUARA PEKANBARU ANTUSIAS PERINGATI WORLD WATER DAY

PEKANBARU. SMP JUARA PEKANBARU ANTUSIAS PERINGATI WORLD WATER DAYHari Air Sedunia atau World Water Day akan diperingati pada tanggal 22 Maret 2016 di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Pada tahun ini, UN-Water, badan antar lembaga PBB yang mengordinir pelaksanaan Hari Air Sedunia telah merilis tema dan logo Hari Air Sedunia Tahun 2016.

Pada hari Kamis (24/03) ini SMP Juara Pekanbaru bekerja sama dengan Duta Lingkungan Pekanbaru melaksanakan kegiatan Word Water Day. Kegiatan ini diberi nama “Peringatan Hari Air Dunia” dengan tema “Setetes Air begitu Bermakna”.

Terdapat beberapa agenda dalam kegiatan tersebut diantaranya, Sosialisasi tentang pentingnya air bagi kehidupan yang disampaikan oleh Michiko Fresdiew, sebagai Duta Lingkungan Pekanbaru 2015. Selanjutnya sosialisasi Sumur Resapan Biopori (SRB) di masyarakat, dan terakhir lomba membuat karikatur tentang peringatan hari air sedunia. Kegiatan yang dilaksanakan di aula SMP Juara Pekanbaru itu diikuti oleh 50 orang siswa kelas 7.

Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan edukasi kepada siswa tentang pentingnya air bagi kehidupan. Setiap manusia memiliki peranan penting dalam menjaga keseimbangan lingkungan. Selain itu, ada juga kegiatan kunjungan ke rumah warga dalam rangka memberikan edukasi tentang alternatif untuk menghindari banjir di tengah masyarakat. Salah satunya dengan membuat Biopori. Biopori juga bisa menjadi alternatif untuk membuat kompos. Sedangkan membuat karikatur bertujuan untuk membuat siswa lebih dekat dengan lingkungan dalam kreatifitasnya.

“Saya sangat senang dengan adanya kegiatan ini, ini merupakan salah satu bentuk edukasi yang penting bagi siswa, dan ini sangat membantu dalam proses pembelajaran terkhusus IPA di sekolah,” ujar Syahrul Padilah, Kepala sekolah SMP Jauara Pekanbaru.

“Rara dan teman-teman sangat senang karena bisa mempraktikkan secara langsung yang diberikan oleh kak Michiko,” ungkap Rara, Duta lingkungan SMP Juara Pekanbaru.

Newsroom/Adi Hamdani
Pekanbaru

Tags :
Konfirmasi Donasi