SMP JUARA PEKANBARU LESTARIKAN BUDAYA MELAYU MELALUI EKSKUL REBANA

SMP JUARA PEKANBARU LESTARIKAN BUDAYA MELAYU MELALUI EKSKUL REBANAPEKANBARU. SMP Juara Pekanbaru kembali melaksanakan kegiatan ekskul (ekstrakulikuler) Rebana. Ekskul Rebana merupakan salah satu Ekskul yang diminati oleh siswa. Rebana merupakan ekskul yang melatih jiwa seni siswa dan juga bisa melestarikan budaya yang ada di Riau. Rebana menjadi salah satu kesenian yang khas di bumi melayu Riau

Kegiatan ekskul rebana diikuti oleh 23 personil yang tergabung dari kelas 7, 8 dan 9 yang dimentori oleh ibu Misnawati seorang Pemain Rebana dan tergabung juga dalam LASQI (Lembaga Seni Qasidah Indonesia).

Dalam mempelajari rebana ada beberapa hal atau langkah-langkah, yang pertama adalah harus memiliki alat rebana. Alhamdulillah SMP Juara Pekanbaru sudah memilikinya. Langkah kedua adalah mempelajari pukulan Awalan, Naikan, Jeda, dan tutup. Dalam langkah ini setiap siswa akan diberikan alat rebana dan diajarkan teknik pukulannya masing-masing kompangnya. Dan yang terakhir adalah memperbanyak koleksi lagu-lagu qasidah atau lagu yang bernuasa religi.

Adapun ekskul Rebana SMP Juara Pekanbaru sudah berdiri sejak tahun 2014 dibawah naungan bu Misnawati. “Alhamdulillah anak-anak sudah sering mengisi kegiatan – kegiatan di dalam maupun di luar sekolah, seperti perpisahan, launching program RZ, Program Internal sekolah, Program Sinergi dengan BNI Syariah, dan banyak lagi.” Ungkap Buk Misnawati.

“Harapan kedepan Rebana bisa menjadi salah satu syiar menyebarkan bahasa-bahasa kebaikan kepada banyak orang.” pungkas guru yang akrab disapa bu Wati itu.

Newsroom/Adi Hamdani
Pekanbaru

Tags :
Konfirmasi Donasi