STUDI : TAK HANYA MENYEHATKAN. MINUM ASI JUGA MENCERDASKAN

bayi-asiTak perlu ragu lagi untuk memberikan ASI eksklusif pada bayi Anda. Sebab menurut studi terbaru, bayi yang diberi ASI eksklusif setidaknya selama 3 bulan pertama mengalami pertumbuhan ekstra sampai dengan 30 persen pada bagian-bagian kunci dari otak yang mengontrol bahasa, emosi, dan pemahaman kata. Penelitian yang dilakukan di Brown University, Amerika Serikat, ini menemukan bahwa pada saat bayi telah mencapai usia 2 tahun, ada perbedaan yang bisa dilihat dalam struktur otak mereka, seperti dilansir Daily Mail, Senin (10/6/2013).

“Kami menemukan adanya perbedaan dalam pertumbuhan antara 20-30 persen, antara anak yang diberi ASI dan yang tidak,” ujar Dr Sean Deoni, seorang profesor teknik dan penulis utama studi ini.Menggunakan Magnetic Resonance Imaging (MRI), dilakukan scan pada otak bayi yang telah diberi ASI dan juga pada otak bayi yang diberi susu formula, di tahap awal perkembangan mereka.

Hasil scan menunjukkan bahwa bayi yang diberi ASI saja memiliki pertumbuhan tercepat di materi myelinated, yaitu jaringan penuh serabut saraf panjang yang menghubungkan bagian otak yang digunakan untuk belajar. Sedangkan bayi-bayi yang minum susu formula ditemukan memiliki pertumbuhan yang tidak signifikan. Tim Dr Deoni kemudian melakukan penelitian untuk melihat bagaimana proses awal perubahan dalam perkembangan otak tersebut.

Mereka melihat otak dari 133 bayi yang lahir pada waktu dan berasal dari keluarga yang sama. Dengan membandingkan myelin pada anak-anak yang lebih tua dan lebih muda, mereka mampu menghitung seberapa besar ASI mempengaruhi perkembangan otak. Didukung oleh hasil scan dengan serangkaian tes kognitif dasar, menunjukkan bahwa kinerja bahasa, penerimaan visual, dan kontrol motorik anak-anak yang diberi ASI jauh lebih baik dibandingkan mereka yang tidak. Semakin lama bayi diberi ASI, maka otak mereka semakin berkembang. Terutama di area otak yang berhubungan dengan gerakan dan koordinasi.

“Sangat mengejutkan bahwa pertumbuhan sangat cepat terjadi di tahap awal perkembangan. Saya berpendapat bahwa dikombinasikan dengan semua bukti lain, menyusui benar-benar memberi banyak manfaat,” imbuh Dr Deoni.

 

Sumber : www.detik.com

Foto       : www.wishingbaby.com

Tags :
Konfirmasi Donasi