SUPARNO, USAHA JAHE MASIH OPTIMIS DITENGAH KRISIS

Pak Suparno dan Produk jaheSEMARANG. Usahanya membuat jahe wangi sudah cukup lama, sejak 3 tahun yang lalu karena beliau mempunyai prinsip untuk tidak kerja ikut orang. Beliau lah Suparno, ayah dua anak tersebut sangat telaten menekuni usaha produksi jahenya. Produksi bertempat dirumahnya, Jalan musi 1A no. 7 Semarang, salah satu lokasi pemukiman yang rawan bencana banjir.

Awal usaha jahe wangi dapat resep dari teman dan kemudian dipraktekan, hasilnya beliau coba jual ke teman-teman dan Alhamdulillah responnya baik. Itulah yang membuat beliau percaya diri. Namun usaha yang digelutinya ini hingga sekarang belum bisa berkembang secara signifikan. Padahal beliau dituntut untuk mencukupi kebutuhan keluarganya.

Maka dari itu, untuk menutupi celah tersebut, selain usaha membuat jahe wangi bubuk, beliau membuat usaha lain yaitu memproduksi susu kedelai. Hal ini beliau lakukan setiap hari dan dijajakan langsung keliling pagi itu. Rata-rata sebelum bergabung jadi binaan RZ bisa menjual 50 hingga 60 bungkus per hari.

Namun semenjak bergabung dengan RZ sudah bisa menjual hingga 100 bungkus per hari. Sehingga rata-rata beliau bisa bawa pulang penghasilan bersih Rp. 50.000 – Rp. 70.000 per hari. Selain itu istri beliau, ibu Suprihatin, mempunyai aktifitas juga menjahit di rumahnya. Sedikit-sedikit bisa untuk membantu ekonomi keluarga.***

Newsroom/Andriyan Citra
Semarang

Tags :
Konfirmasi Donasi