SUSU DAN PERMEN PICU KARANG GIGI

Susu dan permen adalah dua jenis bahan pangan yang dapat memicu terjadinya karang gigi, ujar Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Dokter Gigi Indonesia, Dr. drg. Zaura Rini Anggraeni, MDS. 

Kandungan enzim sukrosa pada gula dan laktosa pada susu, memiliki sifat asam yang memicu timbulnya bakteri dan kuman gigi, papar Rini pada media edukasi mengenai kesehatan gigi di Jakarta, Rabu (5/9).  

Rini menjelaskan, sifat asam akan menyebabkan email gigi menjadi lunak, sementara itu kuman dan bakteri gigi dapat tumbuh subur pada kondisi asam. 

“Nah, gigi yang lunak akan lebih mudah dirusak oleh kuman yang tumbuh berkembang pada area asam. Maka timbulah karang gigi, plak, karies gigi, hingga lubang pada gigi,” ujar Rini. 

Untuk tindakan pencegahan pertama, Rini mengimbau seusai makan permen dan susu, sebaiknya berkumur menggunakan air putih. “Air putih yang bersifat basa, akan menetralisir asam yang ditimbulkan oleh kedua enzim tersebut,” ungkap Rini. 

Sementara itu, bila Anda mengkonsumsi kedua jenis bahan pangan ini di rumah, Rini mengharuskan supaya Anda menyikat gigi dengan pasta gigi yang mengandung flouride, supaya gigi tetap terlindungi.

Sumber: www.republika.co.id

Tags :
Konfirmasi Donasi