SUTISNA, PENDAMPING MASYARAKAT TERNAK YANG INSPIRATIF

RZ LDKO CilegonSUBANG. Kalem, Penuh senyum dan ramah ini adalah kesan pertama yang mungkin terasa saat pertama kali jumpa. Ia adalah Muhammad Sutisna Sanjaya atau akrab disapa Tisna yang pada April lalu dinobatkan sebagai Pendamping Masyarakat Ternak (PMT) Inspirasi.

Lelaki pendiam ini bergabung menjadi pendamping masyarakat ternak di MTN ini bertepatan dengan hari sumpah pemuda dua tahun yang lalu. Awalnya ia memegang 20 orang peternak binaan dengan jumlah hewan mencapai 120 ekor domba. Dan saat ini jumlah peternak binaannya sudah 38 peternak dan 224 ekor domba.

“ia menjadi PMT terbaik karena selain 100 persen kunjungan ke 38 peternak binaan , dalam segi penjualan anakan dari peternak binaan nya pun tidak kalah baik yaitu peringkat kedua, tutur Irwan Yusup selaku Program Managemen Dept Head.

Ayah dari anak satu ini menuturkan bahwa salah satu motivasinya adalah membantu memberikan fasilitas dan baginya itulah merupakan kebahagiaan tersendiri.

“menjadi fasilitator atau menjadi PMT ini memberikan kebahagiaan tersendiri karena bisa bantu mereka,” ungkap Tisna saat mendapatkan penghargaan PMT terbaiknya di Subang.

Namun dibaik kisah bahagianya, tersimpan pula kisa pilu nya yang membawa cerita pula, bagi pria kelahiran Subang 25 November , 33 tahun silam ialah saat para peternak harus mengakui ketidaksanggupannya beternak kembali karena kondisi yang bermacam-macam.

“Dukanya, saat peternak ingin berhenti jadi peternak karena tidak sanggup atau lain sebagainya sehingga meminta domba nya untuk dipindahkan di jam-jam yang terkadang tidak tepat, jadi harus terus siap siaga,” tutupnya.***

Newsroom/Hartini
Subang

Tags :
Konfirmasi Donasi