TAK HANYA ATASI SAMPAH, PARA MEMBER PUN TERIMA BANYAK KEUNTUNGAN

RZ LDKO CilegonPALEMBANG. Bank sampah Bekal, berdiri pada 04 Desember 2013 lalu di Kelurahan Talang Bubuk. Bank sampah ini merupakan hasil inisiasi RZ bersama para Remaja Masjid Kauman. Bank Sampah Bekal menjadi salah satu pilihan masyarakat Kelurahan Talang Bubuk untuk mengatasi masalah sampah atau limbah rumah tangga mereka.

Selain sampah rumah tangga bisa teratasi, mereka juga mendapat banyak keuntungan dari program ini. Karena program yang ditawarkan oleh Bank sampah Bekal selain biopori dan berobat gratis per tiga bulan sekali, mereka juga mempunyai tabungan dari hasil sampah rumah tangga mereka. Tabungan mereka dialokasi untuk tabungan keluarga atau pendidikan, sekarang banyak partisipan yang sedekah sampah karena ingin beramal melalui program bank sampah Bekal tersebut.

Selain program-program di atas, aktivitas remaja masjid menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat. Para remaja masjid ini mengelola lahan kosong untuk dimanfaatkan sebagai Badan Usaha Bank Sampah. Hal ini dilakukan agar mereka tidak perlu mencari pekerjaan di tempat lain, cukup dengan mengembangkan wilayahnya menjadi lebih baik.

“Alhamdulillah selain bermanfaat bagi lingkungan program ini juga berdampak positif bagi remaja yang dikutsertakan dalam program bank sampah Berkah,” tutur Feriyanti, salah satu warga setempat. Hingga kini bank sampah Berkah sudah memiliki 40 partisipan.***

Newsroom/Mandiri Daya Insani
Palembang

Tags :
Konfirmasi Donasi