TBG DAN RZ GELAR AKSI BANGUN SEHAT DI GARUT

TBG DAN RZ GELAR AKSI BANGUN SEHAT DI GARUTGARUT. Kegiatan Mobil Klinik Aksi Bangun Sehat Bersama TBG ini dilaksanakan di Balai Desa Karyanekar RW 02 Desa Karyamekar Kecamatan Pasirwangi, Kabupaten Garut, pada tanggal (29/04). Kegiatan tersebut dimulai pukul 08.00 sampai dengan 13.00 WIB.

Kegiatan Aksi Bangun Sehat Bersama kali ini dimulai dengan Pembukaan kegiatan yaitu sambutan perwakilan dari Desa dan Pihak RZ. Kemudian dilanjutkan dengan Penyuluhan secara umum yang disampaikan oleh dr. Kriski Regina. Dalam kesempatan tersebut beliau menyampaikan materi Hemofilia, dengan nilai Pre Test 45 dan Post Test 65.

Setelah selesai penyuluhan kemudian dilanjutkan dengan Pemeriksaan Umum dan USG, pengecekan tensi darah di bagian Paramedis, yang seterusnya dilakukan pemeriksaan oleh Dokter. Setelah pemeriksaan selesai, penerima manfaat kemudian diarahkan menuju depo obat untuk pemberian obat yang telah diresepkan oleh Dokter. Selain itu, diberikan pula PMT (Pemberian Makanan Tambahan) kepada penerima layanan manfaat, berupa Susu dan buah Apel.

Khusus untuk Pengecekan Kandungan (USG) terhadap ibu-ibu hamil, dilakukan dengan melakukan tensi terlebih dahulu kemudian masuk ke ruangan yang telah disediakan pihak desa. Setelah hasilnya keluar, kemudian dilakukan pemeriksaan oleh Dokter, hingga diakhiri oleh pengambilan obat di depo obat sesuai dengan yang diresepkan oleh dokter.

Adapun jumlah total Penerima Manfaat secara keseluruhan adalah 157 PM (Penerima Manfaat), yang terdiri dari 27 orang Laki-laki dan 130 orang Perempuan (Balita 16, Anak 5, Dewasa Pria 10, Dewasa Wanita 100 Lansia 26) peserta USG 42 dan Penerima Layanan Masyarakat sebanyak 322 orang. Secara keseluruhan Aksi Bangun Sehat Bersama TBG ini berjalan dengan lancar.

Secara teknis pelaksanaan dibagi menjadi dua bentuk kegiatan yaitu pengecekan ibu hamil dan ibu balita, serta pengobatan gratis untuk peserta lainnya. Alhamdulillah keduanya berjalan lancar, sehingga memudahkan koordinasi satu dengan lainnya.

“Alhamdulillah Terima kasih TBG dan RZ atas kepeduliannya pada warga masyarakat di desa kami, masyarakat terbantu dan merasa sangat membutuhkan hal-hal semacam ini. Saya harapkan kepada pihak-pihak penyelenggara yakni TGB dan RZ dapat melanjutkan kegiatan ini secara terus-menurus di desa kami minimalnya sebulan sakali dan bisa di bentuk desa percontohan bagi ibu hamil.” Ujar Bapak Ganda selaku Kepala Desa Karyamekar.

Newsroom/Putri Mariana Sari
Garut

Tags :
Konfirmasi Donasi