[:ID]TETAP SEHAT SELAMA DI RUMAH[:]

[:ID]BANDUNG, Rumah Zakat – Sejak wabah virus corona/covid menyerang, banyak sekali aktivitas yang dibatasi. Misalnya, sekolah diliburkan, pekerja diliburkan, walaupun ada beberapa yang masih melaksanakan aktivitas seperti tenaga medis, pihak keamanan dan beberapa pekerjaan yang tidak bisa dikerjakan di rumah. Namun, kalil ini yang akan dibahas adalah bagaimana menyikapi situasi khususnya ketika berada di rumah selama masa pandemic corona.

Tidak sedikit orang yang mulai merasa bosan berada di rumah, hal tersebut bisa dialami ketika sudah berada di rumah dalam beberapa hari dengan hanya menjalankan aktivitas yang itu-itu saja. Hal itupun menimbulkan kekahwatiran karena kebosanan akan berdampak terhadap peningkatan stress pada seseorang.

Disamping itu, kebanyakan orang ketika berada di rumah terkesan bermalas-malasan dan tidak melakukan olahraga ringan yang seharusnya dilakukan agar tubuh tetap bugar. Padahal, penting sekali untuk menjaga tubuh tetap sehat selama menjalankan aktivitas di rumah.

Dikutip dari Republika.co.id, ada beberapa hal yang bisa dilakukan oleh orang-orang yang berada di rumah untuk menjaga tubuh mereka agar tetap sehata selama masa karantina.

Pertama, Berolahlaraga yang cukup. Dengan berolahraga yang, tubuh manusia akan mengeluarkan zat kimia berbahaya yang terkandung dalam tubuh. Berolahraga tidak perlu lama-lama, cukup 30 menit paling lama. Asalkan tubuh mendapatkan kebugaran dan tidak terlalu kaku.

Kedua, makan yang sehat. Belum adanya vaksin yang ampuh untuk mengatasi virus corona membuat pengobatan menjadi terhambat. Karena vaksin adalah obat yang dirasa ampuh untuk menyembuhkan pasien yang terinfeksi corona.

Oleh karena itu, sebagai upaya pencegahan dari dalam penting bagi setiap orang untuk mengkonsumsi makan-makanan yang sehat dan bergizi. Agar tubuh tetap terjaga dalam kondisi yang fit.

Ketiga, tidur yang cukup. Dalam situasi seperti ini, tidur adalah hal yang diperlukan. Namun tetap dalam porsi yang sewajarnya. Dengan tidur yang cukup, tubuh akan berupaya memperbaiki sel, dan membersihkan racun.

Keempat, lakukan hal menyenangkan. Dengan melakukan hal yang menyenangkan akan membuat seseorang bisa melepaskan stress yang dimilikinya. Hal menyenangkan bisa dilakukan sesuai dengan hobi dan keahlian yang dimiliki. Yang pada intinya, seseorang tetap melaksanakan aktivitas di dalam rumah.

Lakukan kegiatan menenangkan
Cobalah melakukan kegiatan yang menenangkan dan beristirahat sejenak dari berbagai berita. Saat ini menjadi waktu yang tepat juga untuk melakukan hal yang biasanya tidak bisa dilakukan karena kesibukan Anda sehari-hari.

Berkebun, memasak, menjawab teka-teki, menjahit, bermeditasi, membaca tumpukan buku menjadi diantara daftar panjang hal yang selama ini sulit dilakukan karena Anda telah banyak menghabiskan waktu di luar rumah. Saat ini menjadi waktu yang tepat untuk melakukan semuanya, tergantung apa yang lebih Anda minati.

WHO pernah menyarankan manfaatkan keterampilan yang telah dimiliki di masa lalu yang telah membantu Anda melewati masa-masa sulit.

Sumber: Republika.co.id[:]

Tags :
Konfirmasi Donasi
id_IDBahasa Indonesia
en_USEnglish id_IDBahasa Indonesia