SISWA JUARA JAKARTA TIMUR BELAJAR PRAKARYA DARI TANAH LIAT

JAKARTA. Siswa kelas 5 SD Juara Jakarta Timur belajar karya tangan dari tanah liat bersama mentor tamu dari Rumah Tanah Liat Citra. Pembelajaran tersebut diberikan pada hari Kamis (07/12) di Jalan Buaran Rawa Badung RT.06/RW.13, Jatinegara, Cakung, Kota Jakarta Timur.

Dengan bantuan 2 orang pemandu dari Rumah Tanah Liat Citra, yaitu Dwi dan Cahyo dan didampingi oleh wali kelas V, yaitu Syadza Rose Mawaddah, siswa sangat bersemangat dan mampu berkreasi dengan bahan-bahan yang telah disediakan.

Dengan berbahan dasar sebongkah tanah liat besar, stik es krim, tusuk gigi, dan juga koran, siswa diminta untuk membuat celengan uang dari tanah liat dengan berbagai macam bentuk yang indah. Beralaskan koran, siswa mulai membagi tanah liat menjadi 3 bagian menggunakan stik es krim diantaranya 2 bagian berukuran sama besatr sedangkan 1 bagian berukuran lebih kecil. Kemudian 2 bagian yang sama besar tersebut masing-masing dibuat menjadi lingkaran.

Lewat instruksi dari Kak Dwi dan Kak Cahyo, siswa dapat membuat celengan yang berbentuk bundar. Hiasan gambar pada celengan dibuat oleh para siswa bermacam-macam diantaranya doreamon, hello kitty, angry bird dan teddy bear.

“Celengan yang sudah terbentuk nantinya harus dijemur di suhu ruangan selama 4 hari, sebelum nantinya dapat diberi warna menggunakan cat agar penampilan celengan lebih indah,” kata Kak Dwi.

Siswa kelas 5 yang mengikuti pembelajaran tersebut merasa senang karena dapat bermain dan menciptakan hasil karya dari tanah liat. “Seneng buat kreasi dari tanah liat, dan jadi pengalaman juga buat aku,” tutur Nur siswi kelas 5 SD Juara Jakarta timur.

Newsroom/Yadi Mulyadi
Jakarta

Tags :
Konfirmasi Donasi