TIM RBG RZ PEKANBARU, AJARKAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT DI SEKOLAH JUARA

TIM RBG RZ PEKANBARU, AJARKAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT DI SEKOLAH JUARAPEKANBARU. (19/07). Dalam rangka Masa Orientasi Siswa (MOS), Klinik Pratama RBG RZ Pekanbaru bersinergi dengan SMP Juara Pekanbaru untuk mengenalkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di sekolah kepada Siswa dan Siswi baru SMP juara Pekanbaru. Bertempat di aula SMP Juara Pekanbaru Jl. Legasari Kota Pekanbaru kegiatan pengenalan PHBS ini dilaksanakan. Pukul 13.30 WIB kegiatan ini dimulai dengan penyampaian materi yang disampaikan oleh Tri Anwarrudin. PHBS merupakan singkatan dari Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. Kategori PHBS ada yang penerapannya di dalam rumah tangga maupun di sekolah.

PHBS di sekolah merupakan kebiasaan atau perilaku positif yang dilakukan oleh setiap siswa, guru, penjaga sekolah, petugas kantin sekolah, orang tua siswa dan lain-lain yang dengan kesadarannya untuk mencegah penyakit, meningkatkan kesehatannya serta aktif dalam menjaga lingkungan sehat di sekolah.

Berikut 8 indikator PHBS di sekolah:
1. Mencuci tangan dengan air bersih yang mengalir dan memakai sabun
2. Jajan di kantin sekolah yang sehat
3. Membuang sampah pada tempatnya
4. Mengikuti kegiatan olah raga di sekolah dengan terukur dan teratur
5. Mengukur berat badan dan tinggi badan secara teratur setiap 6 bulan
6. Bebaskan diri dari asap rokok
7. Memberantas jentik nyamuk
8. Buang air kecil (BAK) dan buang air besar (BAB) di jamban sekolah.

Setelah penyampaian materi, kegiatan dilanjutkan dengan games “Pesan Berantai” yang dipandu oleh Kak Kurota Ayun.  Siswa dibagi menjadi beberapa tim yang masing-masing terdiri 6 siswa. Siswa pertama diberikan sebuah kalimat yang berhubungan dengan PHBS kemudian kalimat tersebut harus dibisikkan ke anggota berikutnya. Siswa keenam harus menyampaikan kalimat apa yg dibisikkan tadi.

“Melalui games ini siswa mampu mengingat kembali poin-poin PHBS yang telah disampaikan di awal kegiatan. Rangkaian kegiatan PHBS kali ini diharapkan dapat menjadi bekal untuk siswa baru SMP Juara Pekanbaru agar nantinya bisa diaplikasikan di sekolah.” kata Anwar.

Sumber: http://citasehat.org/tim-rbg-rz-pekanbaru-ajarkan-phbs-di-sekolah-juara/

Tags :
Konfirmasi Donasi