TINGKATKAN SDM, KAMPUS RELAWAN RZ HADIRKAN BASARNAS

RZ LDKO CilegonPEKANBARU. Kampus Relawan RZ (rumah Zakat) Pekanbaru kembali melaksanakan kegiatan pembinaan bagi relawan-relawan muda untuk meningkatkan kapasitas dalam kegiatan terjun kelapangan nantinya dengan menggelar kampus relawan. RZ menghadirkan pemateridari Basarnas di SMP Juara Pekanbaru, Sabtu (14/02).

Kampus relawan yang merupakan agenda rutin tiap bulannya, pada pelaksanaan bulan ini mengambil tema kesiap-siagaan bencana dan pertolongan pertama gawat darurat(PPGD). Kegiatan yang berlangsung di SMP Juara Pekanbaru ini melibatkan sekitar 80 siswa-siswi SMP Juara dan 15 Relawan RZ Pekanbaru dengan pemateri berasal dari perwakilan Kantor SAR Nasional terdiri dari 2 orang yakni Delsem dan Zian Fajri.

Sebelum memaparkan materi, kedua materi memperkenalkandiri kepada seluruh siswa-siswi dan relawan RZ Pekanbaru dan juga memberikan games edukatif. Dilanjutkan penyampaian tentang RJP (Resusitasi Jantung Paru).

Bang Delsem memaparkan apa yang dimaksud dengan RJP, dan kemudian menjelaskan bagaimana tahap-tahap melakukan RJP ini. RJPini diperuntukkan kepada korban yang tak sadarkan diri namun masih berdenyutnadinya. “Sebelum melaksanakan RJP, ada beberapa tindakan yang perlu dilakukan,” jelasnya.

Selanjutnya diterngakan langkah pertama RJP, cek kesadaran dari korban dengan memanggil namanya, mencubit badankorban dan menepuk badan korban. Sampai melanjutkan, tindakan ketika Breathing atau LDR (Lihat, Dengar dan Rasakan) denyut nadi dan nafas korban. “Setelah itu baru kita menentukan titik tekanuntuk melakukan RJP. Yakni 2 jari di atas tulang taji,” lanjut Dalsem.

Siswa-siswiSMP Juara sangat antusias mengikuti materi yang disampaikan. Setelah materi selesai dilanjutkan dengan peragaan yang dilakukan oleh Bang Zian Fajri denganbantuan boneka. Setelah diperagakan, tiba saatnya 2 orang siswa SMP Juara serta tanya jawab oleh para siswa.***

Sumber : http://riauterkini.com/sosial.php?arr=87719&judul=Tingkatkan%20SDM,%20Kampus%20Relawan%20RZ%20Pekanbaru%20Hadirkan%20Basarnas

Tags :
Konfirmasi Donasi