TIPS ALAMI MEMUTIHKAN GIGI

medium_674-tips-alami-memutihkan-gigiGigi yang kekuningan biasanya merusak rasa percaya diri terhadap penampilan. Namun tahukah, tidak perlu ke dokter dan mengeluarkan uang ratusan ribu rupiah untuk gigi yang putih bersih. Cukup menerapkan pola hidup yang sehat dan rajin membersihkan serta merawat gigi. Tapi jika sudah terlanjur memiliki gigi yang kuning, sebaiknya menyimak tips-tips membersihkan gigi kuning dengan cara alami:

1. Memakai siwak

Sebagi umat muslim kita pasti sudah mengenal baik siwak ini. Siwak dapat membantu membersihkan gigi kuning dengan cara menggosok dahan atau akar pohon siwak pada gigi kita. Dengan bersiwak dapat membantu membersihkan dan menjaga kekuatan gigi kita.

Siwak menbuat bersih mulut dan membuat ridho rabb (Alloh).[ Diriwayatkan Ahmad (24196), Nasa’I (5). Diriwayatkan juga oleh Ibnu Majah (289) dari hadist Abu Umamah radhiyallahu ‘anhu.]

Bersiwak adalah memakai kayu/akar yang lunak (dari pohon arak, zaitun atau yang lainnya) pada gigi dan menggosoknya agar hilang kotoran atau bau yang tidak sedap.

Diriwayatkan bahwa siwak adalah sunnah para nabi [Diriwayatkan dari Abu Ayyub oleh Ahmad (2347.), Tirmidzi (1081). Berkata Abu ‘Isa hadist Abu Ayyub hasan gharib.], yang pertama melakukannya adalah Nabi Ibrahim ‘alaihissalam.

Bersiwak memiliki banyak keutamaan, sebagiannya sebagaimana dijelaskan dalam hadist di atas bahwa siwak membuat bersih mulut dan mendatangkan keridhaan Allah ta’ala. Bahkan pejelasan tentang siwak dan anjuran memakainya diriwayatkan lebih dari 100 hadist.

2. Arang kayu

Terdengar aneh memang membersihkan gigi dengan benda yang sudah jelas terlihat hitam ini. Namun, cara tradisional ini mampu menghilangkan warna kuning pada gigi. Cukup gosokkan arang kayu ke gigi dan membilasnya. Tapi juga harus hati-hati dalam menggunakan arang kayu, jika terlalu sering digunakan dapat merusak gigi dan menyebabkan rasa sakit pada gigi. Gunakan sewajarnya saja.


3. Kulit jeruk

Jeruk memang kaya akan vitamin C, namun siapa sangka kulit jeruk yang biasanya kita buang begitu saja memiliki manfaat yang baik untuk merawat gigi. Gunakan bagian dalam kulit jeruk yang berwarna putih untuk menggosok gigi kuning.

Lakukan secara teratur setiap hari dan terlihat hasilnya pada gigi. Namun bagi yang memiliki gigi sensitif harus berhati-hati, kandungan vitamin C yang terkandung didalamnya tidak cocok untuk jenis gigi sensitif.

4. Strawberi

Buah kecil yang enak dibuat jus ini ternyata berkhasiat untuk memutihkan gigi secara alami. Mengonsumsi buah-buahan dan sayuran seperti buah strawberi, apel, wortel, dan seledri juga bermanfaat sebagai bahan alami pemutih gigi. Anda cukup mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran ini seperti biasa dan akan terlihat gigi putih dan sehat.

Suber: ummi-online.com

Tags :
Konfirmasi Donasi