TIPS MENGHILANGKAN EFEK NEGATIF KAFEIN

56Tips-Menghilangkan-Efek-Negatif-KafeinBuat sebagian orang efek kafein cukup mengganggu. Mulai dari sakit perut, jantung berdebar, sakit kepala, gelisah, hingga tidak bisa tidur. Nah, kalau sudah terlanjur atau terpaksa atau tidak sengaja mengonsumsi kafein, bagaimana cara menghilangkan efek kurang menyenangkannya? Check this out.

1. Minum air putih

Minum air putih bisa membantu mengeluarkan kafein dari dalam tubuh. Minum 1 liter air dalam jangka waktu 5-10 menit untuk kembali menghidrasi tubuh dan mengembalikan mineral yang hilang karena kafein.

2. Minum susu

Susu dikenal sebagai minuman sehat penawar makanan atau minuman yang berefek negatif bagi tubuh. Susu bisa mengembalikan kalsium yang hilang akibat konsumsi kafein dan bisa menimbulkan efek rileks dan nyaman karena terdapat asam amino triptofan di dalamnya.

3. Makan buah-buahan

Makan 1-3 porsi buah terutama yang kaya vitamin C, seperti jeruk, pisang, atau apel. Buah-buahan tersebut bisa mengembalikan kebutuhan vitamin tubuh yang kurang karena kafein yang berlebihan.

4. Coba untuk rileks

Kafein bisa mempengaruhi kondisi emosional seseorang, seperti menyebabkan cemas dan gelisah berlebihan. Hilangkan perasaan tersebut dengan rileks selama kira-kira 15-60 menit. Bernapaslah secara perlahan. Cobalah untuk banyak berdzikir agar perasaan lebih tenang.

5. Makan makanan yang sehat

Makanlah makanan yang sehat seperti beras merah, kacang-kacangan, dan sayuran hijau. Harus dipaksa untuk makan, karena kafein memiliki efek mengacaukan sistem alami tubuh yang mengatur keinginan untuk makan. Makanan sehat penting untuk membantu sistem pencernaan menyerap dan memecah kafein.

6. Olahraga

Berolahraga bisa meningkatkan kemampuan tubuh untuk lebih cepat menghilangkan efek kafein. Lakukan jogging, renang, gerakan ringan seperti push up, jumping jacks, atau jenis olahraga lain selama kurang lebih 15 menit.

Sumber: republika.co.id

Tags :
Konfirmasi Donasi