TOWER BERSAMA BANTU PEMDA JANGKAU LAYANAN KESEHATAN

JAKARTA. PT Tower Bersama Infrastructure Tbk (TBIG) membantu dua pemerintah daerah untuk memberikan pelayanan kesehatan ke daerah-daerah terpencil melalui program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR).

“Kita sediakan mobil kesehatan keliling untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat di Jawa Tengah dan Jawa Timur,” kata Direktur Utama TBIG Herman Setya Budi saat dihubungi, Minggu. Bagi wilayah Solo sudah ditempatkan dua unit mobil kesehatan keliling disediakan untuk  desa Debegan RT 02/RW 06 Mojosongo Jebres, Solo.

Peluncuran mobil kesehatan keliling di Solo dihadiri pejabat setempat diantaranya Kepala Dinas Kesehatan Kota Surakarta, Jawa Tengah, Siti Wahyuningsih dan Komandan Group 2 Kopasus Kandangmenjangan Surakarta, Jawa Tengah, Letkol Infantri Suhardi.

Mobil Kesehatan Keliling TBIG akan melayani beberapa area di Jawa Tengah dan Jawa Timur yang masih minim akses pelayanan kesehatan, terutama ibu hamil dan balita, pada peluncuran perdana sebanyak 200 pasien hadir memeriksakan kesehatannya.

Wiyanna, Corporate Communications TBIG mengatakan, dokter di mobil kesehatan keliling  akan memberikan pelayanan cek kesehatan bagi ibu hamil, balita, dan lansia, USG untuk ibu hamil, penyuluhan perilaku hidup bersih & sehat, edukasi pencegahan penyakit, pemberian obat, dan pemberian makanan tambahan balita.

“Target kami dalam setahun mobil kesehatan keliling dapat melayani sebanyak 7.968 pasien,” katanya.

Mobil kesehatan keliling  akan beroperasi di empat wilayah di Jawa Tengah yaitu Jaten (Karanganyar), Ampel (Boyolali), Sukoharjo dan Brigjen Katamso (Solo).

Sementara untuk wilayah Jawa Timur Mobil Kesehatan TBIG akan berkeliling di wilayah Kecamatan Ngoro (Mojokerto), Mojosari (Mojokerto), Desa Warugunung (Mojokerto), Dusun Celaket (Mojokerto), Desa Seduri (Mojokerto).

Mobil  dilengkapi oleh perlengkapan medis yang cukup memadai seperti USG Mindray, scoop stretcher, mobile stretcher, Oxygen, emergency kit dan first aid kit, suction unit, minor surgery set, dan lain-lain untuk menunjang pelayanan yang diberikan.

Herman mengatakan, kesehatan masyarakat berperan penting dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat.  Kesejahteraan masyarakat berawal dari kesehatan, karena bangsa yang sehat mampu menunjang produktivitas dan berkreativitas dengan baik, kata Herman.

Fakta menyebutkan di tahun 2009 terdapat 120 juta orang Indonesia terindikasi tidak sehat/sakit dengan jumlah 50.000 kematian prematur setiap tahunnya dan  1 dari 5 balita menderita kurang gizi, 14.47 persen penduduk yang kurang mendapatkan asupan kurang dari 1.400 kalori untuk standar minimal orang sehat.

Riskesdas 2007 juga mengungkapkan, sekitar 20 persen kelahiran tidak memiliki akses ke layanan kesehatan yang layak, dan hanya sekitar 30 persen dari ibu menerapkan praktik kesehatan yang baik. Sehingga banyak kaum ibu di wilayah terpencil dan kurangnya edukasi terhadap kesehatan menyebabkan mereka melahirkan tidak ditangani oleh dokter atau bidan, dan menyebabkan resiko kematian ibu dan bayi.

Herman menambahkan tingginya angka kesakitan merupakan risiko utama, terutama pada penduduk miskin di mana prevalensi infeksi cukup tinggi, asupan gizi buruk, kurangnya akses pelayanan kesehatan yang memadai, serta pemahaman masyarakat terhadap kesehatan yang masih kurang.

“Tower Bersama akan menambah jumlah serta cakupan mobil-mobil kesehatan Keliling TBIG yang akan tersebar di berbagai wilayah di Indonesia, sehingga diharapkan dapat mendukung percepatan pencapaian tujuan pembangunan millennium di Indonesia (MDGs) tahun 2015,” kata Herman.

Pada acara tersebut diadakan pula pembagian sembako bagi 200 orang dan aksi donor darah bersama 75 orang dari Komandan Pasukan Khusus (Kopassus) Grup 2 Kartasura, Solo, Jawa Tengah.

PT Tower Bersama Infrastructure Tbk (TBIG) merupakan perusahaan penyedia infrastruktur telekomunikasi untuk penempatan Base Transceiver Station (BTS) oleh operator-operator telekomunikasi di Indonesia.

Herman mengatakan, per 30 Juni 2012, perusahaan  mengoperasikan 5.416 sites dengan 8.584 penyewaan. Pasca akuisisi 2500 menara Indosat, TBIG saat ini mengoperasikan 7.916 site dengan 11.084 penyewaan.***

Newsroom/banten.antaranews.com

Sumber berita http://banten.antaranews.com/berita/18092/tower-bersama-bantu-pemda-jangkau-layanan-kesehatan

Tags :
Konfirmasi Donasi
id_IDBahasa Indonesia
en_USEnglish id_IDBahasa Indonesia