TRIK HILANGKAN BAU MENYENGAT PADA DAGING KAMBING

daging-kambing-panggang-redcurrant-_111020160020-174Idul Adha tak akan lengkap tanpa hidangan dari daging kambing di meja makan. Mengolah kambing tergolong tak mudah. Baunya yang menyengat seringkali menghilangkan kenikmatan menyantap hidangan kambing. Bau prengus dari kambing sebenarnya berasal dari cara pengolahannya.

Pengolahan yang tidak benar membuat aromanya menjadi tak sedap. Tekstur daging kambing pasalnya sangat berbeda dengan sapi. Dagingnya lebih kasar dan sedikit keras. Trik pun diperlukan untuk mengolah daging kambing. Blogger sekaligus penikmat kuliner, Haya Aliya Zaki, membagi cara mengolah kambing. ”Masaklah dengan rempah- rempah yang kuat,” katanya.

Gunakan rempah sekelas cengkih, serai, daun jeruk purut, hingga kapulaga untuk menghilangkan aroma prengus. Sementara merebus daging dengan daun pepaya selama lebih kurang setengah jam juga bisa diterapkan untuk memberi rasa empuk. Lain hal dengan Budi, pemilik warung Sate Goreng Kambing Pak Budi yang sudah melegenda. Daging kambing bisa empuk dan hilang prengusnya dalam sekejap dengan air nanas muda. ”Gunakan nanas muda yang kulitnya hijau,” katanya.

Giling nanas hingga mengeluarkan air, kemudian rendam daging dengan airnya. Diamkan selama tiga hingga empat menit, kemudian tiriskan. Niscaya bau amis hilang dan daging akan langsung terasa empuk.

 

Sumber : republika.co.id

Tags :
Konfirmasi Donasi