TUJUH MAKANAN YANG TIDAK MENGGEMUKAN

medium_477-makanan-yang-tidak-menggemukkanKegemukan tentu saja kurang baik untuk kesehatan, tapi bagaimana caranya agar tetap makan kenyang tanpa menyebabkan kegemukan? Sahabat Ummi, berikut ini 7 makanan yang tidak menggemukkan dan bisa kita konsumsi dengan merasa aman:

1. Kurma
Kurma merupakan buah yang banyak disebut dalam hadits dan quran, kandungan gula yang tinggi menjadikan buah ini merupakan sumber energi instan untuk mengembalikan energi yang hilang pada saat berpuasa dan menormalkan kadar gula darah. Itulah sebabnya mengapa kurma dianggap sebagai buah yang ideal untuk hidangan berbuka atau sahur.

Tetapi gula yang terkandung dalam kurma habis terserap dalam tempo 40-45 menit. Ini disebabkan karena adanya serat yang terkandung di dalamnya. Sehingga orang yang makan kurma pada waktu sahur akan menjadi segar dan tahan lapar lebih lama.

Kurma adalah sumber serat pangan yang baik. The American Cancer Society merekomendasikan untuk mengonsumsi kurma 20-30 gram per hari.

2. Oat

Makanan ini jelas mengenyangkan karena mengandung serat begitu tinggi dan kemampuannya untuk menyerap cairan layaknya sebuah spons. Ketika dikombinasikan dengan air atau susu skim, oat butuh waktu lebih lama untuk melewati sistem pencernaan sehingga kita takkan merasa lapar lagi. Menaburkan almond di atas semangkuk oatmeal menambah tingkat kekenyangan makanan ini.

3. Kentang panggang
Dalam sebuah studi yang mengukur indeks kepuasan (satiaty) dari 38 jenis makanan ketika dikonsumsi, termasuk beras merah dan roti gandum, kentang berada di posisi pertama. Artinya mereka yang mengonsumsi kentang mengaku lebih kenyang dan baru makan lagi dua jam setelah makan kentang.

Anggapan selama ini bahwa kentang adalah makanan yang kaya karbohidrat, tampaknya tak terbukti. Justru bagaimanapun pengolahannya, baik dipanggang ataupun direbus, kentang tetap kaya akan vitamin, serat dan nutrisi lainnya.

Kentang akan lebih terasa mengenyangkan jika dikonsumsi beserta kulitnya, tak peduli diolah seperti apa. Serat yang dikandungnya hanyalah 160 kalori per buah.

4. Telur
Sebuah studi dari Saint Louis University menemukan orang yang sarapan telur mengonsumsi 330 kalori lebih sedikit ketimbang mereka yang makan roti. Telur merupakan salah satu dari sedikit makanan yang sarat protein. Artinya mereka mengandung 9 asam amino esensial yang tak bisa dihasilkan sendiri oleh tubuh. Dan sekali dicerna, ke-9 asam amino tersebut dapat memicu pelepasan hormon-hormon dalam usus yang menekan rasa lapar.

Telur akan lebih mengenyangkan jika dikonsumsi berikut kuning telurnya. Pasalnya hampir separuh protein pada telur berada di bagian tersebut. Tambahkan juga sayuran untuk meningkatkan volume dan kandungan seratnya dengan sedikit tambahan kalori.

5. Sup kacang merah
Apalagi sup kacang merah yang ditambah kaldu karena mengandung banyak serat dan karbohidrat baik yang memperlambat pelepasan gula dalam darah sehingga rasa kenyangnya jadi tahan lama.

6. Apel
Apel hanyalah satu dari sedikit buah-buahan yang mengandung pektin yang secara alami dapat memperlambat proses pencernaan dan meningkatkan rasa kenyang. Faktanya orang yang makan sebutir apel setiap harinya dipastikan merasa lebih kenyang dan mengonsumsi lebih sedikit makanan dibanding mereka yang mengonsumsi jus apel atau saus apel.

Agar lebih mengenyangkan tambahkan potongan apel pada oatmeal atau salad, atau selipkan pada roti isi.

7. Popcorn
Makanan kegemaran para pecinta film ini memiliki kepadatan energi yang rendah karena hanya mengandung 90 kalori.

Popcorn terasa lebih mengenyangkan jika ditaburi cabe merah. Sebuah studi terbaru dari Purdue University terungkap bahwa orang-orang yang menambahkan setengah sendok teh rempah-rempah ke dalam makanannya akan cenderung merasa tak begitu lapar.

Sumber: ummi-online.com

Tags :
Konfirmasi Donasi