TUJUH SANTAPAN SEHAT BUAT GIGI PUTIH ALAMI, MAU TAHU?

kismis-_130719140104-557Memiliki gigi yang putih dan bersih tentu keinginan setiap orang. Selain menambah rasa percaya diri, memiliki gigi yang putih juga menunjukkan banwa Anda orang yang menjaga kesehatan.

Jika Anda menginginkan gigi yang putih namun menghindari cara-cara instan seperti pemutih  gigi, Anda beruntung karena menyantap makanan tertentu bisa membantu memutihkan gigi Anda. Berikut jenis makanan yang bisa menjadi andalan senyum dengan gigi cemerlang seperti yang dilansir eatingwell.com.

1. Apel
Hanya dengan mengunyah buah apel, aktivitas ini bisa  membantu menggosok gigi Anda. Apel juga memiliki konsentrasi asam malat yang tinggi yang biasa digunakan dalam pasta gigi.  Asam malat meningkatkan produksi air liur, yang membersihkan gigi dan menghilangkan noda, demikian menurut sebuah studi yang dilakukan University of Grenada Spanyol pada 2013.

2. Nanas
Nanas adalah satu-satunya makanan yang secara alami mengandung bromelain, yaitu senyawa dengan sift anti-inflamasi dan pembersihan. Sebuah penelitian terbaru di  International Journal of Dental Hygiene menemukan bahwa bromelain merupakan bahan yang efektif dalam pasta gigi penghapus noda.

3. Brokoli
Brokoli tinggi akan serat, dan jika banyak mengonsumsinya akan mengurangi  peradangan di mulut Anda. Makan brokoli mentah yang segar dapat membantu  membersihkan dan memoles gigi. Tak hanya itu menurut penelitian di Eupean Journal of  Dentistry, kandungan besi pada brokoli memiliki manfaat tambahan memberikan dinding  perlindungan untuk gigi Anda terhadap asam enamel. Ini membantu mencegah noda dan gigi berlubang.

4. Kismis

Anda mungkin berpikir bahwa kismis tidak baik untuk gigi karena rasanya yang manis dan lengket, tapi kismis benar-benar protektif. Penelitian menunjukkan bahwa sereal dengan kismis membantu membersihkan mulut lebih cepat dari sereal yang sama namun tanpa kismis. Mengunyah kismis dapat merangsang produksi air liur, yang membantu mencegah plak, noda, dan rongga berkembang dengan menetralkan lingkungan asam yang diciptakan oleh makanan lain dan bakteri di mulut Anda.

5. Keju

Ini adalah alasan mengapa saat difoto, Anda diminta mengatakan “cheese”. Keju membantu menjaga gigi tetap kuat dengan mineral, seperti kalsium dan fosfor, dan protein yang melindungi enamel gigi. Menurut American Academy of Cosmetic Denttistry, asam laktat dalam keju juga melindungi terhadap kerusakan gigi. Khusus tipe keju keras dapat membantu membersihkan gigi Anda dengan merangsang produksi air liur.

6. Air

Minum air sepanjang hari dapat meningkatkan produksi air liur, yang pada gilirannya membantu menjaga gigi seputih mutiara. Minum air saat makan dan setelah makan juga membantu membilas mulut Anda dari setiap sisa-sisa makanan.

7. Stroberi
Seperti apel, stroberi juga mengandung asam malat, juga memiliki manfaat tambahan ellagitannin, antioksidan yang dapat membantu mengurangi bakteri noda dan peradangan di mulut Anda. Serta kandungan vitamin C dalam stroberi juga dapat membantu  mencegah peradangan gusi dan penyakit periodontal

 

Sumber : republika.co.id

 

Tags :
Konfirmasi Donasi