ULAR TANGGA PHBS, CARA UNIK AJARKAN HIDUP BERSIH DAN SEHAT

KEBUMEN. Ada suasana berbeda pada hari Minggu pagi (17/09) di halaman Balai Inspirasi Blater Juara, di Desa Blater, Poncowarno, Kebumen. Anak-anak bersuka ria dan berebutan giliran bermain ular tangga. Bukan bular tangga biasa, karena yang mainkan anak-anak adalah ular tangga hidup bersih dan sehat.

Ular Tangga Hidup Bersih dan Sehat ini adalah hasil karya dari Relawan Inspirasi Rumah Zakat di Desa Berdaya Blater, Amad Syarifudin. Menurut Syarifudin, anak-anak sangat perlu diajarkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) agar terhindar dari penyakit.

“Edukasi PHBS kepada anak-anak sangat penting, tetapi kadang anak-anak merasa bosan jika ajarkan materi dengan metode pejelasan biasa. Dari situ saya mencoba membuat media edukasi kepada anak-anak berupa Ular Tangga Hidup Bersih dan Sehat. Harapannya dengan media edukasi ini, anak-anak dapat tertarik.” ujar Syarifudin.

Ular Tangga Hidup Bersih dan Sehat didesain dengan gambar yang menarik dan edukasi-edukasi kesehatan. Ular tangga ini dapat dimainkan sekitar 3-4 anak sekali main. Jika pemain sampai pada kotak yang menggambarkan perilaku sehat maka pemain akan naik tangga. Sebaliknya jika pemain sampai di kotak yang menggambarkan perilaku tidak sehat maka pemain akan turun.

“Saya suka main Ular tangga ini. Dari tadi antri rebutan mainnya. Selain bermain, kita juga bisa belajar hidup sehat” ujar Anas, salah satu anak yang ikut bermain ulat tangga PHBS.

Ular tangga PHBS ini adalah bagian kegiatan dari Balai Inspirasi Blater Juara yang merupakan Program Senyum Juara Desa Berdaya Rumah Zakat di Desa Blater, Poncowarno, Jawa Tengah.

 

Newsroom/Dani Suhardi
Kebumen

 

 

 

 

Tags :
Konfirmasi Donasi