UNIFYING SPIRIT FOR HUMANITY, SINERGI RUMAH ZAKAT DAN CIMB NIAGA SYARIAH

JAKARTA. Rumah Zakat bersama delapan Lembaga Amil Zakat lainnya, tahun ini kembali menerima donasi program Unifying Spirit for Humanity dari PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) unit usaha syariah (CIMB Niaga Syariah). Total donasi yang diberikan untuk sembilan LAZ tersebut sebesar Rp1,25 miliar.

Unifying Spirit for Humanity 2012 merupakan program Social Responsibility (SR) CIMB Niaga Syariah yang fokus kepada community development, baik dalam aspek pendidikan maupun ekonomi. Untuk penandatanganan komitmen donasi dari pihak CIMB Niaga dilakukan pada hari Kamis, 2 Agustus 2012 bertempat di Financial Club, Graha Niaga lantai 27, Jl. Jendreal Sudirman Kav.58 Jakarta.

“Tahun ini merupakan kali kedua program Unifying Spirit for Humanity berjalan. Program ini merupakan program SR CIMB Niaga dan CIMB Niaga Syariah dalam mendanai program-program berkesinambungan yang selama ini telah diimplementasikan oleh Lembaga Amil Zakat (LAZ), namun belum mendapatkan pendanaan yang cukup dari sektor privat,” ungkap Handoyo Soebali, Direktur Commercial Banking & Syariah CIMB Niaga.

Pemberian bantuan bagi LAZ diberikan berdasarkan program yang telah diajukan oleh sembilan LAZ tersebut. Di tahun kedua ini Rumah Zakat mengajukan dua program, yaitu pendidikan dalam bentuk pembangunan ruang kelas baru  SD Juara Semarang dan beasiswa untuk siswa-siswinya, serta program pemberdayaan ekonomi untuk UKM binaan Rumah Zakat yang ada di Bandung khususnya daerah Cimenyan, Cibeunying, Coblong, dan Banjaran.

“Selain donasi dari CIMB Niaga Syariah, kami juga melibatkan masyarakat dalam program ini. Para muzaki (donatur) yang bersedia memberikan bantuan, bisa langsung men-transfer ke rekening Unifying Spirit for Humanity di rekening no. 520.01.00403.00.4,” terang Handoyo.

Sedikit berbeda dengan program tahun sebelumnya, tahun ini program tidak hanya difokuskan di bidang pendidikan, melainkan juga berkembang di bidang ekonomi. “Pertimbangannya, dalam mengatasi tingkat kemiskinan yang ada di Indonesia, diperlukan solusi yang tepat dalam mengimplementasikan program SR, terutama dibidang ekonomi. Kami melihat, untuk membantu mengatasi persoalan kemiskinan, pengembangan dan pemberdayaan masyarakat perlu lebih ditingkatkan, agar masyarakat menjadi lebih mandiri,” kata Handoyo.

Newsroom/Istiqomah
Jakarta

Tags :
Konfirmasi Donasi