UNIK, EVEN TOKOO N’DESO AKAN JUAL PRODUK NDESO TAPI KEMASAN MODERN

BATANG – Membangun branding sebagai desa berdaya, Selokarto kembali akan menggelar even kreatif di akhir Agustus ini. Acara dengan tema ‘Tokoo n’Desa’Expo itu didesain selayaknya pasar
yang wajib menyajikan berbagai produk nedso tetapi dengan kemasan modern.

Acara yang diinisiasi Sekolah Juara Selokarto bekerjasama dengan anak-anak muda, pemerintah desa, dan BUMDes itu juga menjadi rangkaian peringatan HUT RI ke-73.  Adapun acaranya meliputi karnaval kemerdekaan, pameran dan festival bisnis, yang dilangsungkan pada 31 Agustus pekan depan.

“Kegiatan ini menjadi cara generasi muda mengisi kemerdekaan, yakni melalui kreativitas dan pemberdayaan. Dengan begitu, perayaan HUT Kemerdekaan RI menjadi sesuatu yang produktif untuk membangun desa,” kata Fasilitator Desa Berdaya Selokarto, Suharto atau akrab disapa Kak Harto, baru-baru ini.

Di antara produk yang dijual kata dia haruslah asli produk dalam negri, Seperti buah-buahan, sayur mayur , kerajinan, pakaian tradisional ,makanan dan juga kesenian. Dengan konsep ndeso
tetapi dengan kemasan modern.

Kegiatan itu juga diharapkan menjadi prototype untuk menampilkan berbagai potensi unggulan lokal Selokarto, sehingga ke depan bisa menjadi pusat kegiatan ekonomi warga . “Sebab, setelah acara Tokoo n’Deso Expo yang pertama ini akan ditidak lanjuti dengan pasar rutin setiap akhir pekan yang integrated dengan program pariwisata kampung kreatif Selokarto,” terang Harto.

Acara kreatif itu direncanakan menghadirkan mentor-mentor bisnis nasional, instansi terkait, dan pengunjung yang diperkirakan lebih dari 5000 orang. Di sediakan 3 stand utama dan 25 stand pendukung. Jumlah stand bisa bertambah melihat antusiasme peminat. Bahkan sudah ada yang mendaftar stand dari berbagai daerah tidak hanya dari Kabupaten Batang , tetapi juga dari daerah lain .”Makanya, secara khusus juga kami berharap besar untuk dikunjungi Bupati Batang,
Bapak Wihaji,” imbuhnya.

Sementara festival bisnis akan menghadirkan langsung para praktisi bisnis untuk berbagi dan berinteraksi dengan warga sekaligus transaksi langsung.

“Konsep acara ini memang menjadi salah satu program pembinaan dan pemberdayaan masyarakat di Desa Berdaya Selokarto. Melalui market place Tokoo n’Deso ini, kami berharap bisa menjadi sarana pengembangan dan penguatan ekonomi ” terang kak Harto.

Sumber: radarpekalongan.co.id

Tags :
Konfirmasi Donasi