UPAYA RUMAH ZAKAT MANDIRIKAN WIRAUSAHA DI DESA BERDAYA KASEPUHAN

CIREBON. (11/07) Kasepuhan, Kec. Lemahwungkuk, Kota Cirebon adalah salah satu Desa Berdaya Rumah Zakat, selain pemberdayaan lingkungan, desa berdaya ini juga membutuhkan pemberdayaan dalam bidang ekonomi karena dikategorikan lemah dalam bidang ekonomi.

Hal itulah yang membuat Yusuf Hidayat, Fasilitator Desa Berdaya Kasepuhan menginisiasi program bantuan ekonomi untuk warga. Melalui bantuan ekonomi ini diharapkan warga dapat membangun wirausaha dan mengembangkan usahanya tersebut. Usaha yang dikembangkan oleh masyarakat beragam, mulai dari produksi susu murni, minuman instan, kuliner, menjahit, dan beragam usaha lainnya.

Bagi Yusuf, meningkatkan ekonomi warga tidaklah mudah. Banyak hal yang harus dihadapi terutama ketika berhadapan langsung dengan masyarakat. “Memberdayakan masyarakat dalam bidang ekonomi itu gampang-gampang susah,” ujar Yusuf. Hal itu, menurut Yusuf, dikarenakan setiap masyarakat memiliki kemauan dan semangat yang berbeda dalam mengembangkan usaha.

Meski begitu, pemberdayaan ekonomi di Kel. Kasepuhan, Kec. Lemahwungkuk, Kota Cirebon bisa dikatakan cukup berhasil. Pasalnya, hingga saat ini sudah ada 35 penerima manfaat dalam pemberdayaan ekonomi Rumah Zakat. Meski semuanya belum mengalami pengembangan usaha secara signifikan, tetapi hampir setiap anggota binaan telah mengalami peningkatan pendapatan. Bahkan dari 35 orang tersebut, 17 diantaranya sudah termasuk dalam kategori mandiri.

“Target awal dari pemberdayaan ekonomi ini adalah meningkatnya pendapatan warga di wilayah Kasepuhan. Hal utama dari tercapainya target itu tentu saja dari kemauan dan semangat yang dimiliki oleh masing-masing orang untuk mengembangkan usaha miliknya,” ujar Yusuf.

“Alhamdulillah, setelah adanya bantuan dari Rumah Zakat, usaha saya semakin berkembang, pendapatan saya pun semakin besar setiap bulannya. Selain itu, saya juga sering dikunjungi oleh pihak Rumah Zakat. Sering diberi motivasi dan ditanya tentang perkembangan usaha saya,” ujar Sri, salah satu penerima manfaat yang tengah mengembangkan usaha menjahitnya.

Setiap warga yang menjadi penerima manfaat bantuan modal usaha tidak sekedar mendapatkan dana dari Rumah Zakat. Yusuf sebagai Fasilitator Desa Berdaya juga memberikan pembekalan mengenai kewirausahaan serta keagamaan.

Lailatul Istikhomah
Cirebon

Tags :
Konfirmasi Donasi