UPDATE BANTUAN RUMAH ZAKAT UNTUK BANJIR BELITUNG

BELITUNG. Pasca curah hujan tinggi selama dua hari pada Minggu (16/07) yang disertai dengan angin kencang di wilayah Kabupaten Belitung dan Kabupaten Belitung Timur, saat ini kondisi sudah menunjukan perkembangan yang baik, pada hari Kamis (27/07) banjir sudah surut. Masyarakat sudah kembali ke rumah dan mulai membersihkan rumahnya dibantu tim relawan Rumah Zakat.

Bencana tersebut masih meninggalkan berbagai dampak, diantaranya kerusakan rumah dan rumah yang masih terendam di pinggiran sungai Lenggang desa Lenggang dan desa Selingsing. 22 rumah rusak ringan, 24 rumah rusak sedang, 59 rumah rusak berat dan total sebanyak 123 unit rumah yangmengalami kerusakan karena banjir tersebut.

Selain itu juga terdapat tujuh (7) jembatan rusak, diantaranya Jembatan Air Madu di Sampang Renggiang (rusak berat), Jembatan Bentaian di Manggar (rusak berat), Jembatan Air Asam di Dendang (rusak berat), Jembatan Batu Penyuk di Gantung (putus), Jembatan Selumar di Gantung (putus), Jembatan Buding di Kelapa Kampit (rusak berat), dan Jembatan Penirokan di Kelapa Kampit (putus).

Sebagai upaya menanggulangi bencana banjir tersebut 35 orang Relawan Rumah Zakat melakukan beberapa aksi diantaranya melakukan kordinasi dengan posko induk, menyalurkan 320 kornet Superqurban, melakukan assesment, memobilisasi 2 unit mobil operasional, menyediakan dapur umum di dusun Baru, kec. Gantung, membagikan 2000 nasi bungkus, aksi bersih-bersih dan penyaluran 55 paket perlengkapan masak.

“Kita masih ada kebutuhan mendesak saat ini, seperti hygiene kits, perlengkapan sekolah, Alat Kebersihan, pelengkapan masak. Para korban masih mengharapkan uluran bantuan dari para donatur untuk bangkit membangun kehidupanya kembali.” Ujar Sujay, Relawan Rumah Zakat.

 

Newsroom/Dea Sukmara
Belitung

 

 

 

 

Tags :
Konfirmasi Donasi