[:ID]WAJIB DIKETAHUI, INI MAKNA PENTING ZAKAT[:]

[:ID]

(Foto: Detik Finance)

RUMAH ZAKAT – Apa itu zakat? Setiap muslim pasti sudah tidak asing dengan kata tersebut, utamanya ketika menjelang hari raya Idul Fitri. Pada saat itu, setiap muslim wajib memberikan zakat sebagai penyemburna dari puasa wajib dibulan Ramadhan yang dijalankannya.

Namun, apakah kita sudah memahami makna dari kata zakat itu seperti apa? Atau jangan-jangan sampai sekarang kita tidak mengetahaui arti dari kata zakat itu sendiri?

Dikutip dari Wikipedia, Arti dari kata zakat terbagi menjadi dua, yaitu dari segi Bahasa dan istilah. Secara Bahasa, zakat itu bisa ditilik dari kata زكى (zakā), yang kalau dirangkaikan pada kalimat, yaitu زكا الشيء يزكو (sesuatu itu bertambah dan tumbuh), atau bisa pula زكا الزرع (tanaman itu tumbuh), dan pada yang lain seperti: زكت التجارة (perniagaan itu tumbuh dan berkembang). Definisi zakāh sebagai madah/pujian dapat pula dilihat dalam firman Allah Ta’ala: فـلَا تُزَكُّوْا اَنْفُسَكُمْ (Maka janganlah kamu memuji dirimu suci).

Selanjutnya, dari segi istilah kata zakat adalah sebagian harta dari seorang muslim yang dikeluarkan dengan jumlah tertentu sesuai dengan yang sudah disyariatkan untuk diberikan kepada golongan-golongan tertentu yang memang berhak menerimanya.

Atas dasar pengertian di atas, maka sebagai seorang muslim kita wajib untuk mengeluarkan zakat. Karena dengan berzakat, kita sudah menyisihkan sedikit harta kita kepada yang lebih membutuhkan. Karena pada dasarnya, ada hak mereka (golongan penerima zakat) di dalam harta yang sudah kita miliki.

 

 [:]

Tags :
Konfirmasi Donasi
id_IDBahasa Indonesia
en_USEnglish id_IDBahasa Indonesia