WARGA MEDAN BAHAGIA SAMBUT AKSI SIAGA SEHAT MOSEH PGN

RZ LDKO CilegonMEDAN. Sebagai alternatif untuk masyarakat yang kurang mampu agar mendapatkan akses dan fasilitas layanan kesehatan, PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk bekerjasama dengan RZ dalam program Pelayanan Kesehatan Masyarakat melalui Mobil Sehat PGN. Hingga periode akhir implementasi pada bulan Juni 2014 – Mei 2015, Mobil Sehat PGN Medan telah melayani sebanyak 6.516 penerima manfaat. Rata-rata jumlah penerima manfaat per bulan mencapai 543 orang.

Tujuan lain dari adanya program ini yaitu meningkatnya edukasi dan promosi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Diluar Layanan kesehatan regular Mobil Sehat PGN melakukan pembinaan kesehatan lingkungan yang meliputi : Pendampingan Posyandu, Pelatihan Kader Kesehatan, Bantuan Sarana Prasarana, Senam Sehat, dan juga program kesehatan Lingkungan (Kerja Bakti dan Kebun Gizi).

Pelayanan kesehatan masyarakat melalui Mobil Sehat PGN di Kota Medan dilaksanakan pada bulan Juni 2014 hingga Mei 2015. Kegiatan layanan kesehatan dilaksanakan di 2 wilayah reguler dan 14 wilayah insidental.

Wilayah binaan dilaksanakan di Pasar 6 Lingkungan 17 Kel. Terjun Marelan Kec. Medan Marelan dan Desa Paya Bakung Kec. Hamparan Perak Kab. Deli Serdang. Salah satu rogram unggulan wilayah binaan yang dikelola adalah program Kebun Gizi. Kebun gizi merupakan perkebunan dengan konsep tumbuhan yang di tanam memiliki nilai gizi bagi manusia, sehingga memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk mengkonsumsi buah dan sayur.

Penyakit yang banyak diderita oleh penerima manfaat Layanan Mobil Sehat PGN Kota Medan pad masih didominasi Hypertension dan ISPA. Solusi dan pencegahan dari hal tersebut melalui penyuluhan kepada masyarakat, dan penyakit tersebut adalah salah satu penyakit degeneretif yang hubungan nya dengan aktivitas fisik yang sangat penting, jadi penyuluhan seputar aktivitas fisik dan pola hidup atau PHBS dan pengobatan secara teratur.

Dari seluruh wilayah yang terlayani di tahun kelima ini, masyarakat pada umumnya menyambut baik layanan kesehatan yang diberikan oleh Mobil Sehat PGN Medan Ibu Sabarinah dari Jl. Penghulu Lama Lingkungan 7 Kelurahan Paya Pasir Kecamatan Medan Labuhan mengucapkan terima kasih kepada PGN dan RZ atas layanannya.”Dari pengobatan ini, saya bisa memeriksakan penyakit saya ke dokter dan mendapat obat secara gratis. Saya sangat berterima kasih kepada PGN dan RZ juga.”

Newsroom/Yuli Wulansari
Medan

Tags :
Konfirmasi Donasi