WARUNG KITA MENJADI PUSAT OLEH OLEH DI CIKARANG

BEKASI. Warung Kita (WK), merupakan Warung Jajanan Oleh-oleh khas Cikarang, berlokasi di KP. Sempu RT. 003/003, Desa Pasir Gombong, Cikarang Utara, Bekasi.

WK berdiri pada tanggal 20 januari 2017, kini diusianya yang masih dini WK sudah mampu menghimpun, dan memasarkan 25 Produk aneka makana Basah, dan 17 produk aneka makanan kering. Produk-produk tersebut hasil dari himpunan member Aktif binaan Rumah Zakat, dan warga sekitar yang menitipkan produk di Warung Kita.

Berdasarkan hasil assesment team sebelum membentukan WK, dengan banyaknya penduduk di Cikarang yang notabenenya penduduk urban, memberikan gambaran peluang pasar yang bagus, dikarenakan di Cikarang belum ada pusat oleh-oleh yang khas produk lokal, hal senada disampaikan oleh custemer WK saat berbelanja di WK.

“Betul sekali saya perantau dari boyolali rasanya sulit sekali mencari oleh-oleh di cikarang, setelah adanya WK Al hamdulillah jadi mudah dan bisa belanja oleh-oleh disini, dan bisa membawa oleh-oleh untuk keluarga di Kampung,” ujar Ibu susi.

Atas dasar inilah Hafidz Faidi, fasilitator pemberdayaan Rumah Zakat DesBer Pasir Gombong, membetuk WK, dengan konsep tata ruang Stylish Homy (Gaya Rumahan), dipandukan dengan hasil pemberdayaan lingkungan seperti, Ecobrick (bata ramah lingkungan), penghijauan, dan aksesoris dari barang bekas, sehingga kesan yang didapat mewah, asri dan ramah lingkungan.

“Konsep usaha yang diangkat adalah Swalayan Berbasis Pemberdayaan Lokal, maksudnya produk-produk yang pasarkan di WK semuanya hasil olahan masyarakat lokal Cikarang,”

Saat evaluasi bulanan (21/02), 17 member binaan hadir, Fasilitator Rumah Zakat kemudian mengevaluasi hal-hal terkait dengan pemasaran, dan pelayaanan “banyak sekali yang harus kita tingkatkan diantaranya pemasaran produk secara online dan offline, dan kedepannya kita akan membentuk reseller-reseller agar produk terjual maksimal, juga pelayan harus lebih menyesuaikan dengan segmentasi pembeli,”ujarnya.

Saat ini THP (Take Home Pay) meningkat signifikan dari hari kehari.

“WK semakin rame pengunjung, yang awalnya per hari THP cuman Rp. 35. 000, Al hamdulillah saat ini sudah mencapai Rp. 130.000 S/d Rp.150.000/hari, dan ini gabungan dari hasil Penjualan aneka Makanan basah dan kering,” ujar Lentiana, mangement WK Memaparkan.

Newsroom/ Lailatul Istikhomah
Bekasi

Tags :
Konfirmasi Donasi