WISUDA SEKOLAH JUARA USUNG TEMA WANGSIT SILIWANGI

RZ LDKO CilegonBANDUNG. Sekolah Juara hasil pemberdayaan RZ di bidang pendidikan akan kembali menggelar acara Wisuda Juara yang laksanakan di Gedung New Majestic, Selasa (17/06). Setiap tahunnya, acara wisuda sekolah juara kerapkali diisi dengan hal-hal unik dan tak sedikit mendapat perhatian publik disetiap angkatannya. Tahun ini, pihak sekolah terinspirasi dari pemikiran Presiden Soekarno, JAS MERAH, Jangan Sekali-kali Melupakan Sejarah, membuat pihak sekolah berkeinginan untuk memperkenalkan lebih dalam tentang sejarah daerah. Pasalnya, pihak sekolah meyakini generasi yang bisa menghargai sejarah bangsanya merupakan generasi yang dapat memajukan bangsa. Hal inilah yang menjadi salah satu dasar pemikiran pihak sekolah untuk mengadakan acara Wisuda Juara 2014 dengan mengusung tema “Wangsit Siliwangi”.

“Melalui tema “Wangsit Siliwangi”, kami berharap para peserta didik dapat lebih mengenal, mengahayati, dan mengamalkan perjuangan pasukan siliwangi sejak zaman kemerdekaan dan masa kini dengan menjunjung tinggi nilai dari Wangsit Siliwangi. ungkap Kepala SD Juara Bandung Tito Suhendar.

Tito menambahkan, menelusuri sejarah Pasukan Siliwangi yang sudah tidak asing lagi ditelinga masyarakat Indonesia, Berkat Pasukan Siliwangi yang berperan besar dalam mempertahankan proklamasi kemerdekaan dalam menghadapi Agresi Militer Belanda I dan II. Selain itu, Pasukan Siliwangi pun berhasil menumpas pemberontakan PKI Muso di Madiun dan pemberontakan DI/ TII Kartosuwiryo dengan dilandasi semangat Wangsit Siliwangi.

Kegiatan Wisuda Juara “Wangsit Siliwangi” akan dilaksanakan pada pukul 07.00 s/d 11.00 diawali dengan Long March dari tugu Nol Km hingga Gedung New Majestic Bandung. Long March ini merupakan representasi dari long marchnya para pasukan siliwangi ke Jawa Tengah pasca perjanjian Renville. Selama simulasi long march para peserta di perkenalkan pada tempat-tempat sejarah dan cagar budaya.

Setelah tiba di Gedung New Majestic, para wisudawan beserta 200 tamu undangan lainnya akan mendapatkan pemaparan sejarah perjuangan pasukan Siliwangi dengan tema “Wangsit Siliwangi” dari Mayjen TNI Dedi Kusnadi Thamim, Pangdam III Siliwangi.

Selain itu, disesi kedua para wisudawan akan disuguhi materi kuliah umum tentang “Cita-cita Dapat Terwujud Dengan Wangsit Siliwangi” dari Bapak Walikota Bandung, M. Ridwan Kamil. Pihak sekolah juara menerangkan, bahwa acara wisuda juara 2014 akan dihadiri pula oleh para direksi RZ, CEO RZ dan Wakil Gubernur Jawa barat.

Tito berharap melalui acara wisuda juara tahun ini, nilai-nilai dari Wangsit Siliwangi akan dapat menginspirasi dan meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Sehingga kehadiran generasi yang akan datang akan menghargai dan mengimplentasikan nilai-nilai budaya bangsanya sendiri.***

Newsroom/Diki Taufik
Bandung

Tags :
Konfirmasi Donasi