WORLD DIABETES DAY, RUMAH ZAKAT AJAK MASYARAKAT CEGAH DIABETES

JAKARTA. World Diabetes Day (WHD) diperingati setiap tanggal 14 November setiap tahunnya, tahun ini tema dari WHD adalah “Women and Diabetes. Our right to healthy future” hal itu dikarenakan banyaknya perempuan yang terkena diabetes dibandingkan dengan laki-laki.

Sehubungan dengan hal tersebut, Rumah Zakat menggelar peringatan World Diabetes Day pada (14/11) di Rw 01 Kel. Petogogan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Kegiatan kali ini bertujuan untuk mencegah dan mendeteksi dini risiko diabetes melitus, menambah pengetahuan tentang diabetes melitus, mengontrol gula darah dan meningkatakan kualitas hidup penderita diabetes melitus pada lansia.

Kegiatan diawali dengan menyanyikan senam , pembagian poster, buku saku dan leaflet Diabetes, edukasi mengenai diabetes, cek kesehatan dan PMT (Pemberian Makanan Tambahan).
Kegiatan penyuluhan berlangsung sangat atraktif dan interaktif. Banyak peserta yang bertanya mengenai diabetes, mitos dan fakta yang terjadi di masyarakat dan tindakan yang tepat untuk dilakukan.

Di RW 01 ditemukan sekitar kurang dari 5 orang yang sudah terdiagnosis diabetes melitus dan menjalankan pengobatan berjalan. Beberapa lainnya dalam kondisi prediabetes dan sisanya memiliki kondisi gula darah dalam kategori normal.

Adapun seseorang dikatakan menderita diabetes jika pemeriksaan Gula Darah Puasa (GDP) >126mg/dL, dan untuk Gula Darah Sewaktu (GDS) >200mg/dL. Sedangkan seseorang dikategorikan prediabetes yaitu jika gula darahnya melebihi angka normal tetapi belum cukup dikatakan menderita diabetes. Kategorinya jika Gula Darah Puasa (GDP) 100 – 125 mg/dL dan Gula Darah Sewaktu 140 – 199 mg/dL.

Diharapkan para lansia dapat terus konsisten memeriksakan kesehatan dirinya agar dapat mengontrol kadar gula dalam darahnya sehingga memiliki kualitas hidup yang prima.
Menurut salah satu PM, “Alhamdulillah penyampaiannya bagus sekali dan menambah pengetahuan kita disini. Saya sarankan agar Rumah Zakat terus memberikan penyuluhan kesehatan kepada kita semua, Terima kasih Rumah Zakat.” ucap Pak Sholeh, ketua FKLU Kel. Petogogan.

 

 

Newsroom/Yadi
Jakarta

 

 

Tags :
Konfirmasi Donasi