WORLD HEALTH DAY, SD JUARA PEKANBARU GELAR LOMBA POSTER KESEHATAN

PEKANBARU. WORLD HEALTH DAY, SD JUARA PEKANBARU GELAR LOMBA POSTER KESEHATAN Dalam memperingati Hari Kesehatan Dunia (World Health Day), Klinik RBG RZ Pekanbaru mengadakan lomba Poster PHBS di SD Juara Pekanbaru pada hari Kamis (07/04) ini di Jl. Warta Sari, Pekanbaru. Kegiatan ini diawali dengan Senam Sehat yang dilakukan oleh Seluruh siswa/siswi SD Juara Pekanbaru.

Kemudian penyuluhan kesehatan yang dilakukan oleh Kurota Ayun dengan tema ‘Melawan Diabetes’.
“Diabetes adalah Penyakit tidak menular yang disebabkan oleh perilaku hidup yang tidak sehat sehingga meningkatnya kadar gula darah yang ada didalam tubuh. Penyakit diabetes ini sangat erat kaitannya dengan gaya hidup, sehingga setelah penyuluhan ini diharapkan siswi / siswi Sd Juara Pekanbaru dapat merubah perilaku hidup yang tidak sehat seperti kurangnya aktivitas fisik, pola makan yg tidak teratur, serta konsumsi makanan yang tidak sehat,” jelasnya.
Penyakit Diabetes ini dapat dicegah dengan merubah kebiasan yang tidak sehat ke kebiasaan yang lebih sehat seperti melakukan aktivitas fisik, menerapkan pola makan yang lebih teratur, dan mengkonsumsi makanan yang sehat.

Adapun acara berikutnya adalah penampilan dari Duta UKS SD Juara Pekanbaru, Zhahara dan Shofiyyah dari kelas 4 yang menjelaskan Cuci Tangan Pakai Sabun ke Siswa/siswi SD Juara Pekanbaru. Zhahara dan Shofiyyah menjelaskan cara cuci tangan yang baik dan benar yaitu dengan Berikut ini 7 langkah cuci tangan yang efektif :
1. Basahi kedua telapak anda dengan air mengalir, lalu tuangkan sabun ke telapak usap dan gosok dengan lembut pada kedua telapak tangan.
2. Gosok masing- masing pungung tangan secara bergantian.
3. Jari jemari saling masuk untuk membersihkan sela-sela jari.
4. Gosokan ujung jari (buku-buku)dengan mengatupkan jari tangan kanan terus gosokan ke telapak tangan kiri bergantian,
5. gosok dan putar ibu jari secara bergantian
6. gosokkan ujung kuku pada telapak tangan secara bergantian
7. terakhir, menggosok kedua pergelangan tangan dengan cara diputar dengan telapak tangan bergantian
setelah itu bilas dengan menggunakan air bersih dan mengalir, lalu keringkan.

Kemudian dilanjutkan dengan pengumuman Lomba Poster Kesehatan, dan pemenang lomba poster kesehatan adalah siswa kelas 1 dan siswa kelas 5. Hadiah diberikan oleh Tri Anwarrudin kepada pemenang.
“Pengenalan PHBS sejak dini merupakan upaya terbaik guna melahirkan generasi mendatang yang sehat dan tangguh. Alhamdulillah hari ini, 7 April 2016 merupakan “Hari Kesehatan Dunia” dilaksanalan kegiatan peringatan yang menarik dan menantang bagi peserta didik bersama UKS SD Juara dan Klinik RBG RZ Pekanbaru”, papar Pak Suriksodi Saputro, Kepala SD Juara Pekanbaru.
Kesehatan tubuh dan pikiran adalah karunia dari Allah Shubhanallah wa taala, maka kita harus jaga dan memeliharanya.***

Newsroom/Muhammad Bayu Putra
Pekanbaru

Tags :
Konfirmasi Donasi