[:en]YAKINLAH, KAMU ADALAH SOSOK YANG ISTIMEWA[:]

[:ID]Meski tiap orang berbeda, tapi menjadi sukses dan berguna nampaknya mewakili keinginan orang. Nah dua poin inilah yang seringkali memengaruhi suasana hati; saat belum terpenuhi kadang bikin galau bahkan bisa lebih parah lagi seperti merasa hidup nggak berguna.

Memang sih wajar, terlebih buat kamu yang sudah berusia kepala dua. Tapi ini juga nggak bisa disepelekan sebab kalau dibiarkan punya perasaan berkepanjangan bisa berbahaya bagi psikis. Nah bagi kamu yang sedang merasakan hidup nggak berguna, kemaslahatan beranjak. Beberapa hal ini mungkin akan membantumu untuk tersadar bahwa kamu adalah sosok yang istimewa.

1. Kurangi meremehkan diri sendiri. Kamu punya kelebihan yang nggak dimiliki orang lain

Perasaan nggak berguna ini biasanya muncul karena kamu rendah diri. Setiap orang terlahir dengan kelebihan dan kekurangannya. Boleh jadi yang sedang kamu rasakan saat ini karena kamu selalu terfokus sama kekurangan diri sehingga lupa bahwa kamu punya kelebihan. Kurangi meremehkan, jangan terlalu memikirkan kekurangan diri. Percayalah hidupmu akan baik-baik baik saja dengan memaksimalkan kelebihanmu.

2. Membanding pencapaianmu dengan orang lain itu toxic. Kesuksesan orang ada waktunya sendiri-sendiri

Terlalu sibuk membandingkan diri dengan orang lain juga jadi penyebab kegalauan hidupmu. Melihat teman sepermainan dulu sukses kamu jadi minder. Memang membandingkan itu kadang perlu jika konteksnya sebagai pelecut semangat. Tapi kalau cuma bikin minder doang buat apa?

 Ketahuilah saat kamu sibuk mengutuk kekurangan diri, di luar sana banyak orang yang kagum kepadamu

[:en]Setiap orang terlahir berbeda, dengan keunikan, kelebihan dan kekurangan masing-masing. Meskipun begitu, tidak sedikit yang merasa tidak percaya diri dan terkadang ingin menjadi seperti orang lain sebab kelebihan yang dimiliki oleh mereka.

Sampai-sampai, ada orang yang merasa hidup ini tidak berguna karena banyaknya kekurangan yang ada pada diri mereka. Untuk kamu, yang sudah beranjak dewasa alangkah lebih baiknya lebih hati-hati lagi dalam berpikir. Jangan sampai, karena terlalu memikirkan kekurangan yang ada membuat psikis kamu terganggu.

Lebih baik kamu berpikir ke arah yang lebih positif, dan cari tahu kelebihan yang ada pada dirimu. Di bawah ini mungkin beberapa hal yang bisa membantu kamu untuk menemukan keistimewaan yang ada pada diri kamu.

1. Hilangkan kebiasaan meremehkan diri sendiri.

Kebiasaan ini seringkalu muncul ketika kamu melihat orang lain yang lebih hebat dari diri kamu. Sampai-sampai, kamu lupa dengan kelebihan yang kamu miliki atau bahkan kamu tidak mencoba mencari tahu kelebihan apa yang ada pada diri kamu. Karena itu, cobalah fokus untuk mencari apa kelebihanmu, jangan terlalu memikirkan kekurangan yang ada. Yakinlah, kelebihan yang ada pada dirimu akan membuatmu lebih baik dari hari ini.

2. Kebiasaan membandingkan hidup

Disadari atau tidak, sebagian besar orang akan membandingkan kehidupan mereka dengan orang lain. Ketidakpuasan terhadap pencapaian menimbulkan rasa kecewa sehingga akhirnya kamu tidak bisa mengapresiasi terhadap apa yang sudah kamu capai. Akhirnya, kamu akan merasa galau, dan kurang semangat. Jadi stop untuk membandingkan, kecuali jika membandingkan bisa membuat kamu lebih semangat.

3. Percayalah, diluar sana banyak orang yang kagum padamu

Jangan sampai kamu membuang banyak waktu dengan percuma. Salah satunya merenungi kekurangan yang ada pada diri sendiri. Ingat, waktu terus berputar dan kamu masih berkutat dengan keadaan yang tidak jelas. Percayalah, banyak orang di luar sana yang justru kagum dengan apa yang kamu miliki. Kamu itu sebetulnya istimewa, hanya saja kamu kurang bersyukur dengan apa yang kamu miliki saat ini.

Sumber: Hipwee.com[:]

Tags :
Konfirmasi Donasi
id_IDBahasa Indonesia
en_USEnglish id_IDBahasa Indonesia