YUDI DAN YULIA, DUA ANAK PENGIDAP THALASEMIA DATANGI RUMAH ZAKAT

PADANG. Rumah Zakat Cabang Padang didatangi Novi, seorang ibu pemilik dua anak yang terkena thalasemia, Rabu (12/1). Dua anak ini bernama Yulia Putri (11) dan Yudi Putra (6). Novi dan dua anaknya tinggal di Kelurahan Mata Air, Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang.

Novi adalah seorang ibu rumah tangga yang fokus merawat dua anaknya yang terkena thalasemia ini. Nurzen, suaminya bekerja sebagai buruh. Masalah utama yang mereka hadapi saat ini adalah perawatan anaknya yang harus cuci darah dan pengobatan desferal setiap bulan. Penyakit langka yang diidap buah hati Nurzen ini tergolong langka. Di Indonesia pembawa thalasemia ini berkisar 6 s.d. 10%. Dari 100 orang, 6 s.d. 10 orang adalah pembawa sifat thalasemia. Ketidakmampuan tubuh dua anak ini dalam membentuk protein membuat sel darah merah mereka tidak dapat terbentuk dengan sempurna. Jumlah hemoglobin dalam tubuh mereka tidak seimbang dan sering mengalami kelesuan, tidak nafsu makan, dan radang tenggorokan dan flu. Inilah yang membuat mereka harus melaksanakan cuci darah setiap bulannya.

Novi meminta solusi atas permasalahannya ini kepada Rumah Zakat Cabang Padang. Ia memerlukan bantuan dana untuk cuci darah dan pengobatan kedua anaknya. Berdasarkan informasi dari dr. Irawati yang menangani mereka di Rumah Sakit Umum Pusat M Djamil mereka memang pasien rutin di rumah sakit tersebut. Irawati juga merekomendasikan untuk membantu keluarga ini. “Dua pasien ini sering terkendala dalam pembayaran obat desferal,” terangnya.***
Newsroom/Miralyn Afrini
Padang

Tags :
Konfirmasi Donasi