ZIS ROHIS LINTAS ARTA DAN RZ PACU EKONOMI WARGA LEBAK

ZIS ROHIS LINTAS ARTA DAN RZ PACU EKONOMI WARGA LEBAKLEBAK. Sebagai upaya pemberdayaan masyarakat dalam bidang ekonomi RZ menggandeng ZIS Rohis Lintas Arta untuk melakukan kegiatan bantuan Wirausaha bagi warga desa Desa Mekarmanik, Banten.

Desa Mekarmanik berada di Kecamatan Bojongmanik, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Untuk menuju ke sana perlu menempuh perjalan selama 6 sampai 7 jam perjalanan dari Jakarta. Ditambah lagi kondisi jalan yang rusak menambah tantangan  tersendiri bagi para pemberdaya. Perjalanan yang cukup melelahkan ini tentunya akan terbayar dengan kondisi desa yang masih asri dan warga yang ramah.

Hujan yang sering turun membuat tanah di Desa ini pun subur. Sehingga hampir rata-rata penduduk di sini bermata pencaharian sebagai petani dan Buruh Tani. Adapun salah satu potensi lokal yang ada di Desa ini adalah tanaman Singkong. Dengan adanya tanaman singkong ini para warga mencoba untuk membuat sebuah produk dari hasil olahan singkong, berupa keripik singkong namun dikarenakan kurangnya modal, para warga sulit untuk mengembangkan usaha keripik singkong ini.

Pemberdayaan ekonomi yang dilakukan oleh RZ dan ZIS Rohis Lintas Arta ini diberikan kepada 16 Penerima Manfaat (PM) telah tergabung dalam Kelompok Usaha Keripik Singkong “Selalu Bahagia”. Di program pemberdayaan ini mereka mendapatkan bantuan Modal Usaha dan pendampingan selama 1 tahun, terhitung sejak bulan Mei 2016 hingga April 2017 nanti.

“Saya sangat senang dan berterima kasih atas bantuan modal usaha ini. Saya jadi bisa membeli perlengkapan untuk menunjang kelompok usaha ini.” tutur Sanah (41).

Sebelum mendapatkan bantuan produksi dan pemasaran, jumlah keripik singkong yang diproduksi pun masih sangat terbatas, selainitu terkait pengemasan (packaging), kemasan keripik singkong pun hanya dibungkus plastik kecil dan dititipkan ke warung- warung sekitar. Namun setelah dibantu dlama aspek produksi dan pemasaran, sudah mulai ada peningkatan.

Kemasan sudah berani menggunakan packaging yang besar dan berlabel khusus, pemasarannya pun tidak hanya di warung-warung sekitar namun sudah dipasarkan di salah satu Koperasi di Rangkasbitung.

“Saya berharap kami terus mendapatkan pendampingan usaha agar usaha kelompok keripik ‘Selalu Bahagia’ ini dapat terus berkembang.“ tutup Sanah.

Newsroom/Maskur
Lebak

Tags :
Konfirmasi Donasi