ZIS ROHIS LINTASARTA BERSAMA RZ LAHIRKAN KAMPUNG BERSERI DI KELURAHAN CIPETE

RZ LDKO CilegonJAKARTA. ZIS Rohis Lintasarta bekerjasama dengan RZ dalam program Kampung Berseri yang berlokasi di Kampung Kober RT 02, 02, dan 04 RW 06 Kelurahan Cipete Utara Kecamatan Kebayoran Lama Jakarta Selatan.

Kampung Berseri ZIS Rohis Lintasarta merupakan program yang diselenggarakan dalam rangka memperingati Milad ke 26 Lintasarta. Sejak di launching pada tanggal 7 Juni 2014 lalu, implementasi program ini sangat disambut baik oleh warga masyarakat Kampung Kober.

Salah satu bentuk program yang menjadi unggulan dalam Kampung Berseri ini adalah kegiatan pilah sampah atau Bank Sampah.Program yang pertama kali diselenggarakan pada akhir September 2014 ini mendapat sambutan yang cukup antusias dari warga masyarakat Kampung Kober.

Program Bank Sampah adalah program pemilahan sampah oleh warga sekitar yang sudah terdaftar menjadi nasabah yang nantinya akan ditimbang dua pekan sekali. Dalam implementasinya RZ bekerjasama dengan pengepul sampah agar harga yang ditawarkan sesuai dengan harga pasar, sehingga tidak terjadi penipuan dalam menawarkan harga.

Pada penimbangan keempat pada tanggal 3 Desember 2014 kemarin, dana yang terkumpul dalam penimbangan tersebut adalah sebesar Rp 1,4 Juta. Pada awal Bulan Desember ini pula jumlah nasabah Bank Sampah telah berjumlah 122 orang.Jumlah warga yang bergabung dalam program ini meningkat 4 kali lipat dibandingkan ketika penimbangan sampah pertama di akhir Oktober 2014.

Program Kampung Berseri ini sangat bermanfaat bagi masyarakat sekitar baik untuk lingkungan yang menjadi lebih bersih ataupun bagi masing-masing personal masyarakat Kampung Kober. Hal ini karena sampah yang telah dikumpulkan di masing-masing rumah dapat dijual. Hasil penjualan tersebut tidak langsung dibagikan kepada para penyetor sampah tetapi ditabung yang nanti akan digunakan untuk kebutuhan mendesak seperti kesehatan (anggota keluarga sakit, meninggal, dan lain-lain), biaya pendidikan, dan lain-lain.

“Bank Sampah sangat membantu warga sekitar, selain untuk kebersihan lingkungan, Bank Sampah juga memberikan keuntungan untuk Warga masyarakat” Ujar Bapak Sukamto selaku Ketua RT 04 RW 06 Kampung Kober.

Program Kampung Berseri ZIS RohisLintasarta akan berlangsung sampai bulan Mei 2015 dengan program-program yang akan mengedukasi masyarakat untuk menerapkan kebersihan disetiap aktifitasnya.***

Newsroom/Ardiansyah Pratomo
Jakarta

Tags :
Konfirmasi Donasi