200 WARGA PESISIR TERLAYANI AKSI SIAGA SEHAT

CIREBON. Rumah Zakat cabang  Cirebon menggelar aksi ‘Siaga Sehat’ di Masjid Al Akhlaq, RT 1, RW 1 Kampung Nelayan, Kelurahan Pesisir Selatan Panjunan, Kecamatan Lemahwungkuk. Minggu (25/3). Tim kesehatan yang diturunkan dalam aksi kali ini terdiri dari 2 dokter, 5 mahasiswa STIKES Bhakti Darma Husada, dan dibantu juga oleh beberapa orang relawan Rumah Zakat. Tim ini memberikan layanan kesehatan gratis kepada 200 warga Pesisir Pantai Utara Kota Cirebon.

“Aksi yang dilaksanakan Rumah Zakat ini sangat bermanfaat bagi warga kami, sebab kami mendapatkan layanan kesehatan yang gratis dan kami sangat membutuhkannya. Kami berharap event ini dapat dilakukan secara rutin oleh Rumah Zakat,” tutur Ketua DKM Al Akhlaq Karsa.

Kegiatan ini diawali dengan penyuluhan dan kampanye PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) oleh dokter kepada warga yang sebagian besar mata pencahariannya sebagai pengais batubara dan nelayan. Seusai event ini disambung dengan kegiatan ‘Pelatihan Wirausaha’ yang disampaikan oleh Samsudin seorang pengusaha franchiser makanan ringan Cirebon. Dia memberikan semangat berwirausaha untuk menopang kebutuhan sehari-hari dengan tidak mengharapkan belas kasihan dari orang lain. “Keterampilan wirausaha sangat bermanfaat buat kita sendiri, jika kita mau memulai hidup sebagai pengusaha,” ujar ayah dari 3 anak ini. Pelatihan Witausaha ini juga mendapatkan apresiasi yang positif dari warga dengan banyaknya peserta, dan juga keterlibatan peserta ketika acara berlangsung.

Acara ini dihadiri sebagian besar warga binaan Rumah Zakat yang mendapat bantuan permodalan melalui program KUKMI (Kelompok Usaha Kecil Mandiri), selain itu digelar juga dalam event ini pemberian Beasiswa Anak Yatim kepada 75 wilayah Kecamatan Lemahwungkuk.***

Newsroom/Alamsyah Nuruzzaman
Cirebon

Tags :
Konfirmasi Donasi