5 HIKMAH MUDIK

Oleh: Muhammad Akhmal Firmansyah

Ketika lebaran tiba adalah moment dimana rindu kampung halaman menjadi sebuah agenda penting untuk berangkat seusai shalat ied atau seusai bagi-bagi THR atau 2 hari setelah itu tetapi moment itu berharga sekali ada yang bisa melakukanya ada yang tidak bisa karena itulah yang dinamakan dengan Mudik. Ada sebuah hikmah yang bisa kita petik dari mudik.

Bila moment lebaran kita mudik ya pasti agenda mencari tempat wisata adalah hal yang pertama ketika kita telah sampai disana. Dan itulah sejatinya sifat manusia mencari tempat hiburan padahal silahturahminya belum. Langsung saja saya sebutkan beberapa hikmah dari mudik

1. Silahturahim

Hal yang pertama dilakukan mudik adalah silahturahmi bahkan kita beralasan untuk mudik ya silahturhami. Well, ternyata dengan seringnya kita menyambungkan silahturhami bahkan mempererat menjadi persaudaraan lebih indah sehingga senyuman antar kita menghiasa suasana akan tetapi hal ini dirasakan hanya dimoment tertentu saja padahal ada pahala istimewa yang tidak kita ketahui tentang silaturahim.

2. Piknik

Hal yang kedua ini biasa dilakukan bila telah sampai dikampung halaman sambil tanya-tanya family kita basa-basi parawisata yang asik dimana sih hehehe, inilah moment yang dinanti-nanti oleh anak-anak dan ibu-ibu pasti. Mudik bukan berarti piknik tapi piknik bisa kok diwaktu mudik asal ajak saudara dikampung halaman untuk main juga jangan sendiri.

3. Mensyukuri Nikmat Allah

Hal yang ketika ini biasa dilakukan saat kita trip ke kampung halaman atau saat diperjalan dimana kita selalu ditemani oleh gunung-gunung dan sawah-sawah apalagi kalau ada sungai kadang berhenti sebentar untuk pose biasanya sih selfie, dengan itu kita menyadari tiada satu nikmat dari Allah yang bisa kita dustakan bahkan kita berani juga maksiat di bumi Allah.

4.Momen Kebersamaan

Mudik juga merupakan moment kebersamaan yang sulit dilupakan apalagi kalau kita naik mobil truk atau mobil pick up wah seru deh gabisa dikatain serunya karena mudik itu ga harus mewah tetapi cukup sederhana karena keluarga di kampung sana gak minta uang cuman minta kamu datang.

5.Mengingat Kematian

Ini hanya versi tadabbur saya, Ada satu hal yang harus ditaddaburi oleh manusia adalah hikmahnya perjalanan. Mungkin kita tahu bahwa hidup ini adalah perjalanan akan tetapi kita pura-pura lupa. Satu hal yang unik ketika saya di perjalanan menuju rumah untuk singgah pulang yaitu merenung.

Ketika kita ke kampung halaman kita hanya singgah sesaat disana begitu pula dengan kehidupan kita didunia kita hanya singgah disana dan ketika kita pulang kerumah tiada lain aktivitas kita hanya sebentar dirumah selainya kita banyak bergerak di luar rumah begitupula dengan dunia ini yang terasa waktu semakin sini semakin sebentar.

WallahuaLam.

Tags :
Konfirmasi Donasi