5 KIAT MENGATASI STRES SAAT UJIAN

sma_3Detik-detik menghadapi ujian sekolah, tes masuk universitas, hingga menyusun skripsi bisa menimbulkan tekanan yang berujung pada stres. Untuk mengatasinya, ahli kesehatan Donna Noble dari The Noble Art of Yoga dan Wellbeing menganjurkan pola makan dan gaya hidup sehat.

Noble berujar, nutrisi cukup dan olahraga teratur dapat menstabilkan energi, mempertajam memori, meningkatkan konsentrasi, dan meningkatkan kepercayaan diri. Namun, kebiasaan yang salah malah berpotensi menempatkan Anda pada posisi yang kurang menguntungkan.

Berikut lima kiat yang ia sarankan pada siapa saja yang sedang mempersiapkan ujian.

Tinggalkan kafein
Minum teh, kopi, dan minuman energi dalam jumlah banyak akan memberikan ledakan energi yang singkat dan kurang baik bagi tubuh.

Jaga tubuh terhidrasi

Minum air putih dalam jumlah cukup sangat dianjurkan untuk mengoptimalkan fungsi otak, menghilangkan racun, dan meningkatkan konsentrasi serta kewaspadaan.

Hindari junk food
Banyak siswa melanggar aturan ini karena terlalu sibuk dan hanya punya waktu untuk membeli dan memesan junk food. Padahal, makanan jenis ini kurang tepat untuk menjaga daya tahan tubuh selama masa panjang ujian yang membutuhkan kerja otak.

Tidur cukup
Belajar dengan sistem kebut semalam atau menangguhkan tugas hingga detik terakhir tidak pernah dianjurkan karena akan membuat waktu tidur Anda terganggu. Sebaiknya, cicil materi yang akan Anda garap atau pelajari dan jadwalkan waktu tidur dengan teratur.

Latihan fisik
Latihan fisik dan olahraga dapat membantu meningkatkan energi, membersihkan pikiran, dan menghilangkan stres. Melatih pernapasan juga bisa menjadi pereda stres dan dapat dilakukan setiap kali Anda merasa cemas.

Sumber: republika.co.id

Tags :
Konfirmasi Donasi