50 PAKET SYIAR QURAN UNTUK PONPES PULOSARI, GARUT

GARUT. Pondok Pesantren Pulosari telah berdiri sejak tahun 1927 di Desa Cijolang, Kecamatan Limbangan, Garut. Konsepnya yang tradisional, membuat pesantren ini sangat dekat dengan masyarakat sekitar, bahkan bangunan pesantren seperti asrama menyatu dengan pemukiman layaknya rumah-rumah biasa, sehingga sekilas kita tidak melihat ada sebuah pesantren di Cijolang. Santri Ponpes Pulosari mencapai 1000 orang yang berasal dari berbagai daerah di Jawa Barat.

“Santri yang bermukim disini sekitar 200 orang, tapi keseluruhan santri yang sekolah di TK, MI, MTs dan MA kami mencapai 1000 orang,” ujar KH. Abdurrahman, Pimpinan Pondok Pesantren Pulosari.

Beliau pun menambahkan bahwa santri yang berada di Ponpes Pulosari berasal dari keluarga biasa saja. “Santri-santri kami berasal dari keluarga biasa saja, bukan keluarga berada. Karena itu iuran bulanan yang kami terapkan juga tidak besar, hanya 300ribu per bulan itu sudah mencakup semua kebutuhan santri termasuk makan, tempat tinggal dan lainnya,” tambah KH. Abdurrahman.

Dengan biaya yang sederhana itulah pesantren ini dijalankan. Ada banyak fasilitasnya yang membutuhkan bantuan, seperti masjid yang merupakan pusat kegiatan santri sudah harus direnovasi, termasuk Al-Quran yang digunakan santri belajar tajwid dan tilawah sudah rusak dan usang, bahkan sebagian halamannya banyak yang lepas.

“Saya sangat suka belajar Al-Quran, karena saat membacanya saya merasa dekat dengan Allah. Tapi, karena kondisi Quran yang sudah buram, saya yang pakai kacamata ini kesulitan membacanya. Saya khawatir salah membacanya,” tutur Iyep Saepudin (18th), salah satu santri Ponpes Pulosari.

“Banyak halamannya yang terlepas. Jadi kadang pas mau tilawah, juz 1 ga ada, langsung ke juz 3. Atau kadang lagi dari juz 2, langsung loncat ke juz 13. Kasian santri kecil yang baru masuk, mereka tidak paham Al-Quran yang dibaca halamannya tidak berurutan,” tambah Fajri (18th), salah satu santri Ponpes Pulosari.

Karena itulah, para santri ini sangat bahagia saat Relawan Rumah Zakat datang dan memberi mereka 50 paket Syiar Quran yang terdiri dari 50 Al-Quran dan 50 Iqro.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Rumah Zakat dan donatur. Al-Quran baru ini akan membantu meningkatkan semangat santri mengaji. Sebelum ada yang baru saja kami semangat, apalagi Qurannya baru dan bagus begini,” ungkap Fajri.

Newsroom/Ria

Garut

Tags :
Konfirmasi Donasi