6 MAKANAN INI BAIK UNTUK DETOKSIFIKASI

Oleh: Ustadz Ibnu Hasan Ath Thabari

Detoksifikasi adalah proses menghilangkan racun atau toksin dalam tubuh. Toksin alias racun ini kalau nggak dihilangkan bisa merugikan kesehatan baik dalam jangka pendek maupun panjang. Racun yang masuk ke dalam tubuh bisa macam-macam asalnya. Bisa dari pengawet, pewarna, maupun penguat rasa dalam makanan, serta pestisida yang digunakan pada buah, sayur, atau tanaman lain yang kita makan.

Sebenarnya, tubuh kita secara otomatis dan alamiah akan membuang racun dalam tubuh lewat sistem pencernaan. Tubuh akan mengeluarkan racun lewat feses, urin, dan keringat. So, detoksifikasi yang menggunakan obat atau suplemen tertentu sebenarnya nggak perlu.

Anda hanya perlu menjaga tubuh agar bisa berfungsi optimal dengan makan makanan yang kaya serat seperti buah-buahan, sayuran, banyak minum air putih, dan menghindari makan-makanan manis, olahan, kemasan, dan tinggi lemak.

Berikut ini beberapa makanan yang secara alamiah membantu proses pengeluaran racun dalam tubuh.

1. Bit

Bit kaya akan vitamin C, B3, B6, beta-karoten, magnesium, kalsium, seng, dan zat besi. Bit membantu hati dan kantung empedu saat memecah racun, dan seratnya bagus untuk pencernaan dan membuang zat-zat yang tidak diperlukan tubuh.

2. Lemon

Lemon membantu sistem pencernaan dalam merangsang pelepasan enzim dan vitamin C yang bikin racun mudah larut dalam air, sehingga lebih mudah juga dikeluarkan dari tubuh. Lemon juga membantu kerja organ hati dan menjaga kebersihan darah kita.

3. Apel

Apel menjadi sumber nutrisi yang kaya serat dan merangsang produksi cairan empedu yang digunakan organ hati untuk mengeluarkan racun. Serat larut dalam apel yaitu pektin, membantu mengeluarkan logam berat dan zat aditif yang masuk ke dalam tubuh lewat makanan.

4. Sayuran hijau

Sayuran hijau yang kaya klorofil membantu pengeluaran racun, logam berat, herbisida, dan pestisida dari dalam tubuh. Sayur-sayuran seperti sayuran hijau daun, brokoli, mentimun, seledri, dan kubis, juga bisa meningkatkan kadar oksigen dan menjaga kebersihan darah.

5. Bawang putih

Bawang putih mengandung zat anti-virus, antiseptik, dan antibiotik alami. Bawang putih juga bisa membantu organ hati menghasilkan enzim yang digunakan untuk menyaring racun dari saluran pencernaan.

6. Serai

Serai adalah rempah yang bagus untuk membersihkan organ-organ dalam tubuh kita, seperti hati, ginjal, kandung kemih, dan saluran pencernaan. Memakan serai dalam masakan atau dalam teh, membuat kulit lebih sehat, sirkulasi darah, dan saluran pencernaan pun menjadi lebih baik.

Sumber: annida-online.com

Tags :
Konfirmasi Donasi