6 MAKANAN PENANGKAL STRES

stres-di-tempat-kerja-berujung-kematian-dini-_161021102806-341Stres bisa melanda siapa saja dan kapan saja. Saat tekanan tak tertahankan itu datang, atasi dengan mengudap makanan pereda stres menurut para pakar berikut ini.

1. Pisang
Konselor gizi dan kesehatan holistik Natasha Uspensky mengatakan, buah pisang kaya vitamin B6 yang bisa meningkatkan kadar serotonin. Ia menyarankan kombinasi dengan mentega almond untuk asupan protein dan lemak yang berguna menstabilkan gula darah.

2. Tiram
Stres menyebabkan peningkatan kadar kortisol yang menekan kemampuan sistem kekebalan tubuh untuk melawan antigen dan infeksi. Uspensky menginformasikan, tiram kaya antioksidan, selenium, dan seng yang akan memperbaiki sistem kekebalan tubuh ketika sedang stres.

3. Cokelat hitam
Pakar gizi holistik Andrea Moss menyarankan ngemil sebatang cokelat hitam saat stres atau ketika memenuhi tenggat waktu dan menyiapkan rapat penting. Menurut ia, cokelat membuat otak melepaskan lebih banyak hormon bahagia endorfin dan serotonin selain fungsinya sebagai penurun tekanan darah.

4. Sayuran dan keju
Saat seseorang stres, sistem saraf menjadi kelelahan sehingga menambah ketegangan lebih terhadap tubuh. Nutrisionis Nikki Ostrower menganjurkan konsumsi keju yang kaya kalsium untuk meningkatkan fungsi dan relaksasi saraf serta sayuran yang tinggi serat larut untuk memaksimalkan pencernaan.

5. Telur rebus
Saat berbelanja, jangan lupa masukkan beberapa lusin telur untuk persiapan selama sebulan. Selain kandungan kolin pada bagian kuningnya, Ostrower juga menyebut telur kaya tirosin, asam amino yang membantu meningkatkan kewaspadaan dan memori.

6. Smoothie kale
Pakar kesehatan holistik Molly Lee, menyebut alternatif penangkal stres lain yaitu smoothie sayuran hijau, terutama smoothie kale. Segelas minuman hijau itu kaya antioksidan dan serat yang meningkatkan energi, mengurangi kecemasan, dan memberikan efek relaksasi pada tubuh.

 

Sumber: Republika.co.id

Tags :
Konfirmasi Donasi