6 PRODUK KESEHATAN YANG TERNYATA HANYA MEMBUANG UANG

Banyak di antara kita yang memakai produk-produk kesehatan demi melindungi tubuh agar tetap fit dan segar. Tapi tahukah Anda, produk-produk berikut akan hanya membuang-buang uang saja. Diansir dari Reader’s Digest, berikut produk kesehatan yang hanya menghamburkan uang.

Obat kumur
Jika Anda selalu menyikat gigi dengan sikat gigi atau benang secara teratur, obat kumur mungkin tidak diperlukan untuk kesehatan mulut Anda, Menurut dokter gigi di ShareCare.com

“Kebanyakan obat kumur hanya efektif di bagian permukaan saja”, kata Dante Gonzalez, DMD.

Suplemen vitamin C
Suplemen vitamin C biasanya dikonsumsi agar kita terhindar dari flu. Mark Levine, MD, seorang peneliti di Institut National Diabetes dan Pencernaan Penyakit Ginjal, mengatakan konsumsi suplemen bitamin C pada dasarnya hanya akan mengalir lewat urin. Untuk mendapatkan manfaat kesehatan agar terhindar dari penyakit kanker, penyakit jantung dan penyakit lainnya, lebih baik mengkonsumsi vitamin C alami yang berasal dari buah atau sayur, bukan melalui suplemen.

Pelindung matahari yang mahal
Ketika hadir pelindung dari sinar UV (yang bertanggung jawab pada kanker kulit dan keriput), Anda tidak mendapatkan hasil dari apa yang sudah Anda bayar. Pada tahun 2013 tinjauan dari tabir surya menemukan bahwa tabir surya yang paling tidak efektif justru harganya paling mahal. Laporan yang sama menyebut tabir surya yang dijual di swalayan dan berharga biasa sudah cukup memberi perlindungan.

Hampir semua dermatologis mengakui bahwa kebanyakan orang tidak pandai memakai tabir surya dengan efektif. Mengakibatkan daya lindungnya juga jadi terbatas.

Kapas pembersih telinga
Menggunakan kapas atau cotton bud untuk membersihkan telinga bisa membuat pendengaran terganggu. Karena ketika memasukkan kapas ke dalam telinga untuk membersihkan kotoran telinga, hanya akan membuat kotoran telinga akan semakin masuk ke dalam telinga.

Kotoran pun akan mengeras dan membuat penyumbatan yang dapat mempengaruhi pendengaran. Belum lagi kalau kapas yang menempel di ujung akan tertinggal di dalam telinga kita. jadi, sebaiknya gunakanlah kain basah untuk mebersihkan telinga.

Obat tetes mata
Anda mungkin akan menggunakan obat tetes mata ketika bangun mata dan mata memerah. Namun para ahli menentang penggunaan obat tetes mata secara teratur.

Mark Melrose, seorang dokter di Manhattan, mengatakan obat tersebut dapat menutupi masalah mendasar yang lebih serius, seperti mata kering, alergi, atau iritasi mata. Obat tetes mata bahkan dapat membuat masalah lebih buruk, memicu kemerahan karena mata Anda terbiasa menggunakan obat tetes mata. Melrose menyarankan, Jika mata Anda terlihat merah dan iritasi, segera pergi ke dokter untuk mencari tahu apakah ada masalah dengan mata.

Pembersih muka
Dokter kulit Doris Day, MD, mengatakan penggunaan toner saat membersihkan makeup merupakan langkah yang tidak diperlukan dalam rutinitas kecantikan. Artikel itu juga menjelaskan, ketika mencuci muka menggunakan sabun, akan sulit menghilangkan toner yang menempel pada muka.

Sumber: republika.co.id

Tags :
Konfirmasi Donasi