6 TIPS AMAN MENCUCI WAJAH

Mencuci wajah memang sudah menjadi kebiasaan sehari-hari. Terutama setelah bepergian di siang hari yang terik, rasanya jika tiba di rumah, kita ingin cepat-cepat mencuci wajah agar terasa lebih segar. Terkadang begitu sampai di rumah, kita langsung membasuh wajah, mengusapkan sabun pembersih muka, dan selesai. Padahal, mencuci wajah tidak cukup seperti itu.

Ada banyak hal yang perlu diperhatikan agar aktivitas mencuci wajah agar terasa bersih dan segar justru berdampak buruk bagi kesehatan kulit wajah untuk jangka panjang. Berikut 6 tips aman mencuci wajah.

1.Jangan terlalu sering mencuci wajah

Mencuci wajah secara rutin memang baik untuk kebersihan wajah, namun jangan berlebihan. Terlalu sering mencuci wajah justru bisa menyebabkan kulit kering dan keriput, yang akhirnya cepat menua. Karena itu, pastikan hanya mencuci wajah dua kali sehari, di pagi hari dan malam hari sebelum tidur.

2.Jangan salah pilih Facial Wash

Pemilihan facial wash yang tidak tepat juga bisa merusak kulit wajah, karena itu sebelum membeli facial wash, kita telah mengetahui jenis kulit wajah kita. Untuk kulit kering, sebaiknya pilih facial wash yang mengandung lebih banyak minyak atau lotion.

Pembersih yang terlalu keras bila diaplikasikan pada kulit kering akan menyebabkan terjadinya iritasi dan berefek buruk bagi kesehatan kulit wajah kita. Demikian juga sebaliknya untuk jenis kulit wajah yang berminyak, pastikan kita memilih facial wash yang sesuai untuk kulit wajah berminyak dan dapat menyerap kelebihan minyak pada wajah. Jika masih ragu tentang jenis kulit wajah, tanyakan secara teliti dan terperinci kepada penjaga counter kosmetik sebelum membelinya, agar facial wash yang kita beli sesuai dengan jenis kulit wajah kita.

3.Jangan berlebihan memakai scrub

Scrub memang berguna untuk mengangkat sel-sel kulit mati, namun jangan berlebihan. Sebab menggunakan scrub secara berlebihan bisa menyebabkan kulit menjadi sensitif dan lebih mudah rentan terhadap debu dan kotoran. Sebaiknya, gunakan scrub dua kali dalam sebulan.

4.Jangan salah mengeringkan wajah

Setelah mencuci muka, jangan mengeringkan wajah menggunakan handuk kasar tetapi pilihlah handuk yang lembut. Selain itu, cara mengeringkan wajah juga jangan digosok secara kasar, melainkan cukup tepuk-tepuk seluruh wajah dengan gerakan melingkar. Apabila tidak mengeringkan wajah secara benar, maka bisa memicu pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.

5.Hindari membilas wajah menggunakan air panas

Membilas wajah menggunakan air panas akan menghilangkan minyak alami kulit. Karena itu, sebaiknya gunakan air hangat yang dilanjutkan dengan membilas wajah menggunakan air dingin.

6.Jangan lupa mengoleskan pelembab

Setelah mencuci wajah dan mengeringkannya secara benar, jangan lupa untuk mengoleskan pelembab pada wajah. Tidak mengoleskan pelembab setelah mencuci wajah rentan menyebabkan kulit wajah menjadi kering. Mengoleskan pelembab akan menjaga kulit tetap lembab dan lembut sepanjang hari, terutama bagi pemilik kulit wajah yang cenderung kering.

Sumber: ummi-online.com/Erlisa

Tags :
Konfirmasi Donasi