7 ALASAN MENGAPA HARUS MINUM AIR PUTIH

Terlalu sedikit air dapat berbahaya bagi tubuh manusia. Apabila seseorang kekurangan air bisa menyebabkan pingsan, sakit kepala, sampai hilang stamina dan kekuatan. Selain itu kekurangan air dapat menyebabkan keringnya bibir, kulit, sampai mata.

Selain hal yang disebutkan di atas, masih ada tujuh alasan lain yang menjadi dasar kita harus minum lebih banyak air putih. Berikut alasan-alasan tersebut dilansir di Red Online:

  1. Meningkatkan manfaat berolahraga

Air membantu mengirimkan oksigen menuju otot pada tubuh. Hal ini membuat aktivitas olah raga menjadi lebih efisien. Semakin banyak air di dalam sel otot, tubuh akan bekerja secara lebih baik.

  1. Mengurangi berat badan

Ketika kita mengalami dehidrasi, tubuh manusia akan mengalami ketidakseimbangan. Ketidakseimbangan ini bisa menimbulkan perut kembung dan penambahan berat badan.

  1. Membersihkan pikiran

Apabila anda mengalami kekurangan energi, atau sakit kepala, hal tersebut menunjukan tubuh membutuhkan lebih banyak air. Daripada meminum obat-obatan, meminum segelas besar air dapat mengurangi rasa kurang nyaman tersebut.

  1. Melancarkan metabolisme

Ginjal manusia dapat menyingkirkan toksin. Meskipun demikian, tubuh yang kurang air sistem penyaringannya akan terganggu. Hati dan ginjal harus bekerja lebih keras terkait hal ini. Kekurangan air dapat memperlambat kerja organ.

  1. Memurnikan darah

Hampir 90 persen aliran darah terdiri dari air. Hal ini membuat tubuh yang kekurangan air akan otomatis mengambil air dari darah. Apabila itu terjadi maka darah akan semakin menggumpal. Lantas apa yang terjadi apabila darah menggumpal? Penyakit hipertensi, kolestrol tinggi, hingga penyakit yang menyerang hati bisa terjadi pada tubuh.

  1. Menyerap nutrisi penting

Air putih bisa menyerap dan mengirimkan sejumlah nutrisi yang dimiliki makanan yang dikonsumsi tubuh. Air putih akan menyebabkan nutrisi-nutrisi tersebut lebih mudah diserap.

  1. Meringankan tubuh

Air putih menjaga kulit, mata, dan mulut tetap terasa segar. Air putih juga dapat memberikan pelumas alami untuk otot dan akan mengurangi resiko terjadi kram. Selain itu, juga akan memudahkan anda mengangkat benda yang berat.

Sumber : republika.co.id

 

Tags :
Konfirmasi Donasi