7 KEBIASAAN UNTUK CEGAH PENYAKIT JANTUNG

20150224102416142474825754ebeee09514e1Kita semua pastinya ingin memiliki hidup sehat. Hanya saja kadang karena kebiasaan sehari-hari yang tak sehat, kita berisiko terkena penyakit berbahaya seperti penyakit jantung. Mulai dari kebiasaan pola makan, aktivitas sehari-hari, dan gaya hidup kita setiap harinya.

Ada kebiasaan-kebiasaan sederhana yang bisa kamu lakukan dari sekarang untuk menurunkan risiko terkena penyakit jantung. Selengkapnya, langsung saja ikuti infonya di sini.

  1. Lakukan Olahraga Kardio

Seperti yang dilansir oleh doctoroz.com, melakukan olahraga kardio setiap minggu bisa jadi cara terbaik mencegah risiko terkena penyakit jantung. Pilihan jenis olahraganya pun beragam, sepertiĀ  berlari, bersepeda, dan berenang. Kamu bisa memilih jenis olahraga yang paling nyaman dan pas buatmu.

  1. Tertawalah Setiap Hari

Seperti yang dikutip oleh womenshealthmag.com, Jennifer H. Mieres, M. D. (clinical nuclear cardiologist) dari North Shore-LIJ Health System di Great Neck, New York menyarankan untuk selalu tertawa setiap hari. Tertawa setiap hari bisa menurunkan tekanan darah. Menonton film komedi atau mendengarkan lagu-lagu ceria juga bisa dijadikan cara untuk menjaga kesehatan jantung.

  1. Membuat Jadwal Berlibur atau Bersantai Secara Rutin

Sudah bukan rahasia lagi jika emosi negatif itu bisa berdampak buruk terhadap kesehatan jantung. Depresi, rasa cemas berlebih, dan stres bisa melemahkan jantungmu. Dan jika tidak segera diatasi, kekebalan tubuh akan menurun dan energi akan lebih cepat berkurang. So, penting sekali untuk meluangkan waktu berlibur dan menenangkan diri. Istirahat itu penting dan menenangkan pikiran itu perlu agar kamu bisa kembali menemukan kesegaran tubuh.

  1. Konsumsi Buah dan Sayur Sehat Setiap Hari

Mengatur pola makan jadi kunci penting untuk menjaga kesehatan jantung. Patricia Vassallo, M.D. (cardiologist) dari Northwestern Memorial Hospital di Chicago mengungkapkan bahwa keluarganya memiliki riwayat terkena penyakit jantung. Dan kunci untuk mencegah penyakit jantung itu adalah dengan mengatur asupan makanan. Setidaknya selalu konsumsi salad setiap hari, seperti alpukat, tomat, ayam, minyak zaitun, dan cuka dengan alas selembar sawi. Dan juga selalu siapkan sepotong buah untuk setiap menu makanan yang kamu konsumsi.

  1. Jangan Merokok dan Hindari Minuman Beralkohol

Seperti yang dilansir oleh fitnea.com, 30 persen kematian yang disebabkan oleh penyakit jantung itu adalah akibat dari kebiasaan merokok. Selain itu, merokok juga bisa meningkatkan risiko terkena berbagai macam penyakit kanker seperti kanker mulut, kanker tenggorokan, dan kanker paru-paru. Selain itu hindari minuman beralkohol, berilah tubuhmu minuman yang baik dan sehat untuk bisa menjaga daya tahan jantung tetap kuat.

  1. Tidur yang Cukup Setiap Harinya

Ketika kamu tidak mendapat jam tidur yang cukup, kamu akan mengalami kondisi yang namanya sleep deprivation. Kondisi ini akan membuat sistem hormon dalam tubuh tidak seimbang. Saat hormon tidak seimbang, level hormon stres dalam tubuh bisa meningkat dan kesehatan jantung pun akan terganggu. Orang dewasa sebaiknya bisa mendapatkan 7-8 jam tidur setiap malamnya. Setidaknya kurangi waktu menonton TV atau main internet agar bisa mendapatkan waktu yang cukup.

  1. Batasi Konsumsi Makanan yang Mengandung Banyak Garam

Makanan hambar memang tidak enak. Tapi jangan sampai kamu mengonsumsi makanan yang mengandung terlalu banyak garam. Konsumsi garam yang berlebihan akan mengarah pada semakin tingginya risiko terkena tekanan darah tinggi. Dan tekanan darah tinggi akan memicu penyakit serangan jantung dan stroke. Selain itu, batasi juga konsumsi daging merah. Kenapa? Karena selain meningkatkan risiko penyakit jantung, kolesterol tinggi dan diabetes, makan daging merah berlebihan juga dapat meningkatkan risiko kanker usus besar. Ini karena kandungan lemaknya yang tinggi pada daging merah.
Nah, itu tadi tujuh tips dasar yang bisa kamu ikuti untuk mencegah risiko terkena penyakit jantung. Semoga bermanfaat ya dan kesehatan jantungmu terus terjaga. Lebih baik mencegah daripada mengobati, kan?

 

Sumber: Vemale.com

 

Tags :
Konfirmasi Donasi