7 MAKANAN AGAR ASI MELIMPAH

Menjadi ibu adalah pengalaman yang luar biasa. Setelah proses melahirkan yang cukup menguras energi dan pikiran, akhirnya bayi mungil hadir dipelukan. Perhatian ibu kini terpusat pada tumbuh kembang sang bayi.

Kebutuhan bayi akan ASI adalah mutlak diperlukan karena ASI adalah makanan terbaik bagi bayi. Ibu perlu menjaga asupan makanan agar produksi ASI melimpah sehingga program ASI ekslusif dapat berjalan dengan lancar.

Makanan yang dikonsumsi oleh ibu menyusui akan mempengaruhi kualitas produksi ASI. Karena itu seharusnya ibu mengonsumsi makanan yang sehat dan menunjang produksi ASI. Berikut ini beberapa jenis makanan yang baik untuk dikonsumsi agar ASI melimpah:

1.Daun katuk

Daun katuk sangat popular di kalangan ibu menyusui. Berdasarkan penelitian, daun katuk kaya akan protein, kalium, fosfor, zat besi, vitamin A, B1 dan vitamin C. Katuk juga mengandung alkaloid dan sterol yang mempengaruhi produksi ASI. Daun katuk lazimnya dijadikan sayur bening atau sayur bobor.

2.Edamame/Kedelai

Edamame atau kedelai Jepang ini memang sumbernya protein nabati. Edamame juga mengandung vitamin K, mangan, asan folat, vitamin C, riboflavin, zat besi, magnesium, fosfor, dan kalium sehingga sangat baik untuk memenuhi kebutuhan protein harian ibu menyusui. Kekurangan protein bisa membuat produksi air susu berkurang, bahkan cadangan protein dalam tubuh akan ikut berkurang. Edamame biasanya dijadikan camilan setelah direbus.

3.Bunga Pepaya

Siapa sangka bunga papaya memiliki manfaat terhadap produksi ASI. Bunga papaya ternyata kaya vitamin A dan vitamin C. Bunga yang berwarna kuning pucat ini juga mengandung kalsium dan fosfor. Bunga papaya baik untuk mempercepat proses pencernaan protein karena adanya enzim papain, yang berguna untuk memecah protein yang Anda makan, apalagi saat menyusui dibutuhkan protein sekitar dua kali lipat dibanding kebutuhan normal. Bunga papaya juga bisa merangsang nafsu makan. Biasanya bunga papaya dikonsumsi dengan cara ditumis.

4.Bayam hijau/merah

Bayam kaya vitamin B6, za besi, protein, thiamin, ribloflavin, asam folat, kalsium, magnesium, fosfor, kalium, vitamin A, C, E, K dan B6. Bayam rendah kalori, sama sekali tidak mengandung lemak, tapi kaya nutrisi. Pilih bayam yang warna pekat, hijau atau merah. Kepekatan warna adalah salah satu ciri kandungan karoten yang lebih banyak yang bermanfaat untuk melawan radikal bebas. Olah bayam menjadi sayur bening.

5.Pare atau paria

Sayuran ini memang sangat pahit rasanya. Tapi, ternyata pare memiliki khasiat yang sangat manjur untuk mengentalkan dan memperbanyak produksi ASI. Pare mengandung vitamin K, likopen, fitokimia lutein, dan anti oksidan. Selain untuk kelancaran ASI, pare juga bagus untuk merangsang produksi insulin, menurunkan kadar gula di dalam darah, dan anti kanker.

6.Kacang hijau

Vitamin B1, protein, fosfor, tiamin, mangan, kalium, magnesium, dan asam folat yang terkandung dalam kacang hijau membantu mencukupi kebutuhan protein dan energi ibu.

7.Pepaya dan buah-buahan kaya air

Pepaya, semangka dan buah-buahan kaya kandungan air sangat baik untuk ibu menyusui. Buah-buahan ini Kaya vitamin A, vitamin C, asam folat, dan kalium. Papaya baik untuk memenuhi kebutuhan kalium di masa menyusui. Merawat balita cukup menguras tenaga, sehingga bila Anda kekurangan kalium maka akan merasa sangat lelah. Kekurangan kalium juga menyebabkan perubahan suasana hati menjadi seperti depresi, sementara saat menyusui Anda perlu berpikiran positif dan bahagia.

Sumber: ummi-online/Titis

Tags :
Konfirmasi Donasi