7 MANFAAT BERSEPEDA

Bersepada dikenal sebagai salah satu jenis olah raga yang dapat membawa banyak manfaat bagi kesehatan fisik. Bersepeda secara rutin dapat melatih kekuatan otot dan fleksibilitas, membantu proses penurunan berat badan, hingga menjaga kesehatan kardiovaskular.

Namun, tak banyak yang menyadari bahwa olah raga menyenangkan itu juga menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan mental. Hal itu diketahui dari beragam penelitian yang berupaya mengungkap hubungan antara olah raga dan kesehatan mental. Berikut ini adalah tujuh manfaat bersepada bagi kesehatan mental seperti dilansir Sport Insight.

1. Melepas Stres

Ada banyak pemicu stres yang bisa ditemukan dalam kehidupan sehari-hari, mulai dari kemacetan, masalah keuangan, hingga beban kerja yang berat di kantor. Jika dibiarkan, stres dapat menyebabkan terjadinya beberapa masalah fisik seperti nyeri punggung dan sakit kepala tegang atau tension headache. Stres juga dapat memicu masalah kesehatan mental seperti kecemasan dan depresi.

Bersepeda diketahui dapat menurunkan kadar kortisol di dalam tubuh. Kortisol merupakan hormon di dalam tubuh yang dikenal sebagai hormon stres. Bersepeda juga dapat menjadi cara yang menyenangkan untuk melepaskan diri dari rutinitas yang penuh tekanan. Berkeliling dengan sepeda elektrik juga dapat membuat pikiran dan perasaan menjadi lebih santai dan segar.

2. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Bersepeda juga diketahui memicu keluarnya serotonin. Serotonin merupakan neurotransmitter suasana hati yang diketahui dapat meningkatkan perasaan baik, kepercayaan diri, dan penghargaan terhadap diri sendiri.

Bersepeda melalui bukit misalnya, akan membuat pesepeda merasa lebih kuat dan positif terhadap diri sendiri setelah berhasil menyelesaikan rute menantang tersebut. Bersepeda secara rutin juga dapat meningkatkan kesehatan fisik yang kemudian akan menambah kepercayaan diri terhadap penampilan.

3. Tidur Lebih Baik

Bersepeda juga mendorong lepasnya human growth hormone (HGH) ke dalam aliran darah selama tubuh tertidur. HGH akan membantu orang yang gemar bersepeda untuk tidur lebih baik dan nyenyak. Lelah yang dirasakan setelah bersepeda juga dapat membantu seseorang untuk tidur lebih mudah.

4. Meningkatkan Endorfin

Olah raga rutin dan bersepeda dapat meningkatkan kadar endorfin dalam tubuh. Endorfin merupakan zat kimia yang membawa perasaan senang dan memicu reaksi positif di dalam pikiran dan tubuh.

Penelitian menunjukkan bahwa bersepeda selama 10 menit dapat melepas endorfin yang cukup untuk membuat seseorang merasa lebih bahagia dan lebih positif. Bersepeda secara rutin dapat memicu aliran endorfin secara konsisten untuk menjaga suasana hati tetap baik. Endorfin juga dapat membantu seseorang untuk melawan penyakit mental seperti Alzheimer.

5. Obat Alami

Bersepeda secara rutin dapat memberi manfaat yang sama efektifnya seperti mengonsumsi obat antidepresan bagi orang yang mengalami depresi. Hal itu dapat terjadi karena bersepeda mendorong timbulnya rasa tenang sekaligus membantu mengubah proses dan pola berpikir eseorang.

Di sisi lain, bersepeda juga dapat melepas dopamin dan serotonin di dalam tubuh. Meski belum terbukti secara ilmiah, dopamin dan serotonin diyakini bermanfaat dalam mengurangi dan mencegah depresi.

6. Beraktivitas di Luar Ruangan

Hanya menghabiskan waktu di dalam rumah dapat membuat keadaan seseorang yang mengalami masalah kesehatan mental menjadi lebih buruk. Berkegiatan alam terbuka dan di bawah paparan sinar matahari dapat memberi manfaat besar bagi orang-orang yang bergelut dengan kecemasan dan depresi. Berkegiatan di alam terbuka yang dikombinasikan dengan bersepeda dapat menambah manfaat seperti meningkatkan energi, melibatkan diri secara positif dan menurunkan kadar tekanan maupun stres.

Beraktivitas di alam terbuka juga dapat membawa perubahan suasana yang baik dan segar. Sepeda listrik bisa menjadi pilihan yang baik agar seseorang dengan masalah kesehatan mental memiliki lebih banyak waktu untuk menikmati alam terbuka dengan usaha yang lebih minimal.

7. Alat Transportasi Menyehatkan

Terjebak macet dan berada di dalam kendaraan umum yang penuh sesak dapat meningkatkan kadar stres dan memberi dampak negatif bagi kesehatan mental. Mengganti alat transportasi dengan sepeda listrik untuk pergi ke kantor dapat menjadi cara yang baik untuk meningkatkan kesehatan mental dan fisik.

Bersepeda ke kantor akan menghadirkan rasa menyenangkan, segar dan positif sehingga pekerja menjadi lebih siap dalam menghadapi tugas-tugasnya di kantor. Di samping itu, bersepeda menunju kantor juga dapat membatu pekerja lebih berhemat secara finansial.

sumber : republika.co.id

Tags :
Konfirmasi Donasi