8 CARA HIDUP SEHAT ALA RASUL


Rasulullah adalah insan mulia dengan riwayat sakit paling jarang. Beliau senantiasa dalam keadaan sehat sekalipun melaksanakan tugas dakwah kerasulan yang amat berat dan menguras pikiran serta tenaga. Apa rahasia dibalik kesehatan beliau? Ini adalah beberapa cara hidup sehat yang beliau amalkan:

1. Selalu bangun sebelum subuh
Rasulullah mengajak umatnya bangun sebelum subuh untuk melaksanakan shalat sunnah dan shalat subuh berjamaah. Hikmahnya adalah mendapat limpahan pahala, kesegaran udara subuh yang baik terutama untuk menyehatkan paru-paru serta menyegarkan pikiran. Asupan oksigen yang bebas polusi bisa menyehatkan otak.

2. Aktif menjaga kebersihan.
Rasulullah SAW senantiasa tampak bersih dan rapi. Setiap Kamis atau Jumat, beliau mencukur rambut halus di pipi, memotong kuku, bersiwak, serta memakai minyak wangi.

3. Tidak pernah makan berlebihan
Rasulullah SAW mengajarkan untuk mengisi perut kita dengan 3 hal secara seimbang, sepertiga diisi dengan makanan, sepertiga dengan air, dan sepertiganya lagi untuk bernafas (diisi dengan udara).

Sabda Rasulullah, “Kami adalah satu kaum yang tidak makan sebelum lapar dan apabila kami makan, tidak terlalu banyak (tidak sampai kekenyangan).”

4. Gemar berjalan kaki
Rasulullah berjalan kaki ketika ke masjid, pasar, ke medan jihad, ataupun sekedar mengunjungi rumah sahabat. Dengan berjalan kaki peredaran darah akan lancar. Ini penting untuk mencegah penyakit jantung.

5. Tidak pemarah
Nasihat Rasulullah, “Jangan marah,” diulangi hingga tiga kali. Ini menunjukkan hakikat kekuatan seseorang bukanlah terletak pada jasad, tetapi pada kebersihan jiwa. Bila kita marah, cara paling mudah adalah mengubah posisi ketika marah. Jika sedang berdiri, maka duduklah, jika sedang duduk maka berbaringlah. Kemudian membaca ta’awudz serta mengambil air wudhu. Karena marah itu asalnya dari setan, dan setan terbuat dari api, maka padamkanlah dengan air wudhu.

6. Optimis dan tidak berputus asa
Sikap optimis memberikan kekuatan tersendiri bagi kelapangan jiwa, selain itu juga perlu memperbanyak sabar, istiqamah serta tawakal kepada Allah.

7. Tidak pernah iri hati
Kita pernah menjauhi sifat iri hati karena penting untuk menjaga kebersihan hati dan kesehatan jiwa. Kita harus berdoa, “Ya Allah, bersihkanlah hatiku dari sifat-sifat mazmumah (mendatangkan keburukan pada diri) dan hiasilah diriku dengan sifat-sifat mahmudah (mendatangkan kebaikan pada diri).”

8. Pemaaf
Pemaaf adalah sifat terpuji yang bisa mendatangkan ketentraman hati dan jiwa. Memaafkan orang lain akan membebaskan diri kita dari belenggu kemarahan. Ketika kita marah, marah itu akan melekat pada hati. Karenanya, mari menjadikan diri kita seorang yang pemaaf, karena dengan memaafkan akan membuat jiwa menjadi lapang dan badan selalu sehat.

 

Sumber: www.udinhamd.com

Tags :
Konfirmasi Donasi