AGAR ANAK PERCAYA DIRI

ibu-dan-anakSebagai orang tua kita pasti ingin memiliki anak yang percaya diri dan hidup bahagia. Namun, seorang anak kadang tak serta merta langsung bisa memiliki kepercayaan diri yang tinggi. Peran orang tua sangatlah penting untuk membantu meningkatkan rasa percaya diri mereka.

Terlebih saat ini media begitu bebas. Melindungi anak dari komentar negatif atau standar-standar subjektif yang ditetapkan oleh banyak media bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Tapi tetap ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk membantu anak percaya diri dengan semua kekurangan dan kelebihan yang ia punya, termasuk soal kondisi fisik tubuhnya.

Jangan Bilang Sesuatu yang Negatif tentang Diri Sendiri
Anak-anak sangat mudah meniru apa yang dilakukan oleh orang tuanya. Jadi usahakan untuk tidak bicara hal-hal yang negatif tentang diri sendiri agar tidak dicontoh oleh anak. Katakan dan utarakan hal-hal yang positif soal diri sendiri, nanti anak bisa ikut tertular melakukan hal yang positif bersama.

Begitu juga dalam merespon kalimat-kalimat yang negatif. Misalnya, saat ada orang bilang, “Kenapa anak itu gemuk banget sih?” Kita sebagai orang tua perlu memberi penjelasan bahwa setiap orang itu unik dan berbeda-beda. Anak-anak perlu tahu bahwa kondisi fisik, penampilan, atau wajah kita bukanlah hal yang memalukan.

Bantu Anak Memahami Makanan yang Baik untuk Tubuh
Kenapa anak perlu tahu cara mengatur pola makan sehat? Salah satu tujuannya adalah agar anak tahu cara mencukupi kebutuhan nutrisinya dengan baik. Setiap harinya atur menu makanan yang sehat. Bukannya tidak boleh makan permen atau cokelat tapi perlu diberi pemahaman soal batas-batasnya.

Jadikan Kegiatan Olahraga Menyenangkan
Dengan tubuh yang sehat, kepercayaan diri bisa meningkat. Jadi atur kegiatan olahraga secara rutin dengan cara yang menyenangkan. Buat anak menikmati kegiatan olahraganya dan paham soal manfaat yang bisa didapat.

Saat olahraga, jelaskan pada anak bahwa tujuan olahraga itu untuk menjaga tubuh tetap sehat. Bukan untuk bikin kurus atau menurunkan berat badan. Sehingga saat olahraga, anak tak akan merasa tertekan.

Jangan Terlalu Sering Memuji Cantik atau Cakep Saja
Pujian jangan cuma soal tampilan fisik, cantik atau cakep saja. Coba berikan bentuk pujian lain yang lebih membangun seperti karena sudah mau bekerja keras melakukan sesuatu atau soal kebaikan-kebaikan yang anak lakukan untuk orang lain. Sehingga anak akan paham bahwa yang membuat mereka istimewa itu bukan cuma soal penampilan dan kondisi fisik saja.

Beri Penjelasan Bahwa Jadi Berbeda Itu Tak Apa
Setiap orang berbeda. Penampilan fisik dan bentuk tubuh masing-masing orang mungkin juga tak sama. Di sini, kita perlu beri pemahaman bahwa jadi berbeda itu tak apa. Yang tak kalah pentingnya adalah tetap pastikan bisa jadi pribadi yang selalu berbuat baik untuk orang lain. Membuat prestasi-prestasi yang lebih positif setiap waktunya.

Sumber: Vemale.com

Tags :
Konfirmasi Donasi