AGAR TETAP SEGAR DAN SEHAT KALA RAMADHAN

Puasa bukan alasan untuk tampil lesu dan tidak berenergi. Dengan tips bugar berikut, Anda bisa tetap tampil sehat, segar, dan berenergi selama bulan Ramadhan.

Ya, puasa memang waktu yang tepat untuk memperbaiki kehidupan rohani, namun sayangnya, banyak diantara Anda yang melupakan pentingnya menjaga kesehatan jasmani juga. Selain waktu tidur yang berkurang karena aktivitas tarawih, tadarus, dan kegiatan keagamaan lainnya, bulan puasa juga merupakan bulan penuh godaan makanan-makanan berlemak, berminyak, dan penuh kolestrol.

Makanya itu, hal pertama yang bisa Anda lakukan agar tetap bugar di bulan puasa adalah megurangi gorengan dan makanan-makanan berkolestrol khas hidangan puasa. Ganti ta’jil lumpia dan pisang goreng Anda dengan sup buah atau salad, dan kurangi makanan seperti opor, kari, rendang, dan sejenisnya sebagai santapan sahur dan berbuka.

Seorang psikolog asal Kanada, Dr. Ghena Ismail, yang dilansir oleh globalnews.ca menyarankan Anda untuk tetap terhidrasi dengan baik dengan banyak-banyak meminum air ketika sahur dan berbuka untuk mengganti cairan tubuh yang telah hilang. Bila perlu, siapkan segelas di samping tempat tidur Anda untuk diminum kala terbangun di tengah malam.

Pastikan Anda mempunyai makanan kaya air seperti sayuran segar dan buah sebagai cemilan di waktu makan. Selain bernutrisi, sayur dan buah juga mempunyai kandungan air yang cukup besar sebagai bekal berpuasa selama siang yang terik nantinya.

Terakhir, kurangi asupan kopi dan teh. Minuman dengan kadar kafein yang tinggi akan membuat Anda dehidrasi, sehingga tubuh akan terasa lesu dan tidak bersemangat. Nah, selamat menjalani ibadah puasa dengan penuh energi.

 

Sumber: Vemale.com

Tags :
Konfirmasi Donasi